Jannik Sinner, Memilih Tenis Ternyata Jalan yang Benar
Jannik Sinner juara tunggal putra Australia Open 2024 (Instagram/@AustraliaOpen).

Bagikan:

JAKARTA - Jannik Sinner keluar sebagai juara tunggal putra Australia Open 2024 setelah mengalahkan Daniil Medvedev dengan pertarungan sengit 3-6, 3-6, 6-4, 6-4, dan 6-3 dalam waktu tiga jam 44 menit, Minggu, 28 Januari 2024, di Rod Laver Arena.

Petenis peringkat keempat dunia itu menjadi orang Italia pertama, baik pria atau wanita, yang memenangi trofi tunggal Australia Open pada era Open sejak 1969.

Dia juga petenis termuda dari Itala yang mengamankan gelar Grand Slam.

"Ini adalah turnamen besar bagi saya. Ini adalah Grand Slam, ini adalah tempat yang sangat, sangat menyenangkan," katanya sambil menggendong Norman Brookes Challenge Cup--trofi tunggal putra Australia Open.

Gelar Grand Slam ini membuat Sinner tak salah memantapkan hati memilih tenis. Sebelumnya diketahui bahwa petenis 22 tahun itu merupakan pemain ski junior yang kompetitif.

Beruntung, orang tuanya mendukung apa pun pilihan Sinner. Tak heran, dia juga berterima kasih kepada orang tuanya yang membiarkan dia memilih jalannya sendiri.

"Mereka tidak pernah memberikan tekanan pada diri saya. Saya berharap kebebasan ini dapat dinikmati oleh sebanyak mungkin anak muda," katanya.

Tak lupa pula, dia mengucapkan terima kasih kepada timnya, termasuk pelatih Darren Cahill dan Simone Vagnozzi.

"Kami berusaha untuk menjadi lebih baik setiap hari. Bahkan, selama turnamen kami mencoba untuk menjadi lebih kuat, mencoba memahami setiap situasi sedikit lebih baik."

"Saya sangat senang Anda ada di sana untuk mendukung saya, memahami saya, yang terkadang tidak demikian mudah karena kadang-kadang saya masih agak muda," ujarnya.

"Ini adalah arena yang berkapasitas 15.000 orang, tapi rasanya jauh lebih banyak lagi," katanya berterima kasih terhadap dukungan suporter.

Sementara itu, Sinner tak lepas memberi hormat kepada lawannya di final. Medvedev mengajarinya untuk tampil lebih baik dari pertandingan ke pertandingan.

"Setiap pertandingan, saya menemukan sesuatu yang bisa saya tingkatkan. Anda (Medvedev) membuat saya selalu menjadi pemain yang jauh lebih baik."

"Usaha Anda luar biasa sepanjang turnamen. Jam-jam di luar lapangan dan upaya hari ini untuk setiap bola sungguh luar biasa untuk dilihat. Jadi, saya harap Anda juga bisa mengangkat trofi ini di sini. Saya yakin Anda bisa," kata Sinner.