Bagikan:

JAKARTA - Carlos Alcaraz dan Jannik Sinner akan berhadapan dalam semifinal French Open pada Jumat, 7 Juni, dalam sebuah pertarungan yang akan memunculkan rivalitas yang mungkin akan mendominasi tur pria untuk tahun-tahun mendatang.

Setelah  juara bertahan Novak Djokovic  menarik diri dari turnamen karena cedera lutut, pemenang dari pertandingan ini akan menjadi favorit utama untuk mengangkat Coupe des Mousquetaires dan menjadi juara tunggal pria French Open baru pertama sejak 2016.

Pertandingan  Jumat akan menjadi semifinal tunggal pria pertama di Roland Garros yang diperebutkan antara dua pemain di bawah usia 23 tahun sejak 2008, ketika Rafa Nadal mengalahkan Djokovic dalam perjalanan menuju gelar keempatnya. "Saya pikir semua orang ingin menonton pertandingan ini," kata Alcaraz kepada wartawan pada Selasa.4 JUni. "Ketika pengundian keluar, saya pikir semua orang ingin Jannik di sisi saya, bermain di semifinal. Saya pikir itu akan menjadi besar untuk tenis dan bagi para penggemar."

Jannik Sinner, petenis muda asal Italia (foto: x @janniksin

Alcaraz, 21 tahun, dan Sinner, juara Australian Open 22 tahun, kini berada pada rekor head-to-head yang imbang 4-4, dan akan bertemu untuk ketiga kalinya dalam Grand Slam dan pertama kalinya di Roland Garros. Kedua pemain telah mencapai semifinal setelah hanya kehilangan satu set masing-masing dalam lima pertandingan sebelumnya dalam turnamen tahun ini.  Pemain muda Spanyol itu mengatakan bahwa dia mengharapkan pertarungan yang menguras tenaga.

"Anda harus berlari seperti dalam maraton, tahu, dari sisi ke sisi. Segala sesuatu yang dia lakukan, dia lakukan dengan sempurna. Cara dia memukul bola itu luar biasa," kata Alcaraz. "Saya suka tantangan seperti ini, untuk memiliki pertarungan yang sangat sulit melawan dia. Saya suka menemukan solusi, menemukan cara untuk mengalahkannya... Saya pikir situasi-situasi seperti itu adalah besar untuk tenis, ketika Anda harus mencoba menemukan cara yang tepat."

Casper Ruud, runner-up dua tahun terakhir, dan mantan pemain nomor dua dunia Alexander Zverev melanjutkan upaya mereka untuk meraih gelar Grand Slam perdana saat mereka bertemu dalam ulangan semifinal tahun lalu. Ruud hanya memenangkan satu dari empat pertandingan di French Open dalam straight set, tetapi pemain asal Norwegia itu akan jauh lebih segar dari lawan asal Jerman setelah mendapatkan walkover dalam pertandingan perempat finalnya dengan Djokovic.

Namun, dia akan menghadapi ujian sulit dari Zverev, yang akan bersemangat untuk melangkah lebih jauh di French Open setelah dieliminasi dalam semifinal pada tiga edisi terakhir. Ditanya tentang menghadapi Ruud setelah kemenangannya 6-4 7-6(5) 6-4 atas Alex de Minaur pada  Rabu, Zverev mengatakan kepada wartawan: "Dua final berturut-turut, ketiga semifinal berturut-turut, itu berbicara untuk dirinya sendiri. Dia adalah salah satu pemain terbaik di permukaan ini, pasti. Saya pikir saya harus memainkan tenis terbaik saya untuk memiliki kesempatan."