Bagikan:

JAKARTA - Manajer Gareth Southgate resmi mengumumkan 26 pemain yang masuk skuat Inggris yang berlaga di Euro 2024. Pencoretan Jack Grealish tetap mengejutkan sehingga beredar rumor pemain senior sempat menemui Southgate mempertanyakan keputusan itu.

Grealish dan Harry Maguire, dua pemain senior, menjadi kejutan dari Southgate. Sebelumnya, sang manajer tak memasukkan bintang Manchester United Marcus Rashford dan Jordan Henderson yang meninggalkan Arab Saudi untuk pindah ke Ajax Amsterdam demi mendapat tempat di timnas.

Namun Southgate tetap mencoretnya. Kini, Grealish dan Maguire bernasib sama. Pencoretan Maguire masih bisa diterima karena bek tengah MU ini belum pulih dari cedera betis. Pemain yang memiliki caps 63 ini kehabisan waktu karena Piala Eropa sudah bergulir pekan depan.

"Keputusan [pencoretan] Harry sepenuhnya kondisi fisik. Dia masih pemulihan dari cedera. Meski demikian, harus diakui dia memang salah satu bek tengah terkuat," ujar Southgate.

Sebaliknya, pencoretan Grealish sempat dipertanyakan. Meski bermain di bawah performa bersama Manchester City musim ini, namun Grealish tetap merupakan pemain senior yang punya pengaruh pada The Three Lions.

Bahkan beredar rumor bila sejumlah pemain senior sempat menemui Southgate untuk membahas pencoretan Grealish. Namun Southgate memastikan mereka bisa menerima pertimbangan tersebut.

"Semua pemain menghargai keputusan ini. Kami memang memiliki pemain yang tampil sangat bagus di musim ini. Di barisan depan, kami punya banyak opsi seperti Madders [James Maddison] dan Jack. Tteapi kami harus membuat keputusan. Harus diakui kami dengan sangat berat hati saat menyampaikannya," ucap Southgate.

"Saya mengalami kesulitan saat mengatakan hal itu kepada pemain yang sangat kecewa. Ini sungguh tidak mudah. Sama seperti saat saya bicara dengan Marcus Rashford dan Hendo [Henderson]," kata dia lagi.

Meski mencoret Grealish dan tidak adanya Rashford, namun Inggris tetap memiliki deretan pemain depan dan sayap. Kapten Harry Kane, Phil Foden, dan Bukayo Saka, menjadi andalan di sektor depan. Selain itu masih ada Jude Bellingham, Jarrod Bowen, Anthony Gordon, Cole Palmer, Ivan Toney, dan Ollie Watkins.

Southgate menuturkan dirinya bakal memadukan pemain lama yang sudah bermain di tiga atau empat turnamen besar sekelas Piala Eropa dan Piala Dunia dengan mereka yang baru pertama kali bermain di turnamen resmi.

"Anda harus bisa membuat keseimbangan yaitu antara pemain yang suah tampil di tiga atau empat turnamen dengan pemain muda. Mereka rata-rata pemain bagus dan tampil gemilang di kompetisi," ucapnya.

Skuat Resmi Inggris di Euro 2024

Kiper: Dean Henderson (Crystal Palace), Jordan Pickford (Everton), Aaron Ramsdale (Arsenal)

Belakang: Lewis Dunk (Brighton and Hove Albion), Joe Gomez (Liverpool), Marc Guehi, Ezri Konsa, Luke Shaw (Manchester United), John Stones Manchester City), Kieran Trippier (Newcste United), Kyle Walker (Manchester City)

Tengah: Trent Alexander-Arnold (Liverpool), Conor Gallagher (Chelsea, Kobbie Mainoo (Manchester United), Declan Rice (Arsenal), Adam Wharton (Crystal Palace)

Depan: Jude Bellingham (Real Madrid), Jarrod Bowen (West Ham United), Eberechi Eze (Crystal Palace), Phil Foden (Manchester City), Anthony Gordon (Newcastel United), Harry Kane (Bayern Munchen, Cole Palmer (Chelsea), Bukayo Saka (Arsenal), Ivan Toney (Brentford), Ollie Watkins (Aston Villa)