Bagikan:

JAKARTA - Kejutan datang dari skuat Inggris yang berlaga di Euro 2024. Manajer Gareth Southgate mencoret Marcus Rashford dan Jordan Henderson dari skuat sementara The Three Lions.

Southgate mengumumkan skuat sementara dengan memanggil 33 pemain. Mereka menjalani pemusatan latihan sebeum berangkat ke Jerman untuk mengarungi Euro 2024.

Dari para pemain yang mendapat pemanggilan, Southgate secara mengejutkan tidak memasukkan pemain depan Manchester United, Marcus Rashford, dan Jordan Henderson, eks gelandang Liverpool yang kini bermain di Ajax Amsterdam.

Tak hanya itu, para pemain Chelsea, seperti Reece James, Ben Chilwell, dan Raheem Sterling juga tak masuk tim. Begitu pula bek Bayern Munchen, Eric Dier.

Sebaliknya, Southgate memasukkan lima pemain anyar yang berpeluang melakukan debut di Timnas Inggris.

Dari 33 pemain yang dipanggil, Southgate akan memangkas menjadi 26 sesuai ketentuan jumlah pemain di Euro 2024. Southgate melakukan pengurangan usai laga uji coba terakhir melawan Islandia, 7 Juni 2024.

"Dengan pemanggilan 33 pemain sesungguhnya tak sesuai harapan karena kami ingin skuat yang lebih besar dengan lebih banyak pemain muda yang ingin kami pantau," ucap Southgate seperti dikutip The Sun.

"Ada yang kecewa (karena tidak dipanggil), tetapi mereka bisa menghadapinya dengan baik," kata dia lagi.

"Jelas, Anda butuh pemain yang berpengalaman. Namun, kami menilai inilah yang terbaik yang kami miliki saat ini," ucap Southgate.

Kegagalan Rashford masuk skuat tetap mengejutkan meski hal itu tak terlepas dengan anjloknya performa dia di MU musim ini. Pada laga terakhir bersama The Three Lions melawan Brasil, Maret 2024, Rashford dimainkan sebagai pemain pengganti.

Saat itu, Inggris kalah 0-1 dan itu menjadi penampilan ke-57 kali Rashford di Timnas Inggris. Sementara Henderson sudah bermain 93 kali untuk Three Lions sejak 2016. Dirinya bermain 53 kali selama Inggris ditangani Southgate.

Henderson sempat bermain di Arab Saudi dengan memperkuat Al Ettifaq saat meninggalkan Liverpool. Hanya saja, pemain berusia 33 ini kemudian pindah ke Ajax pada Januari 2024.

Dirinya tercatat bermain 12 kali bersama klub Eredivisie Belanda ini. Namun, itu masih belum cukup meyakinkan Southgate untuk kembali memanggil Henderson.

"Dia mengalami cedera yang membuat absen selama lima pekan. Ini hal yang menentukan. Jelas, dia pemain profesional yang fantastis. Namun, harus diakui sulit untuk memanggil dia. Apalagi, dia sangat mendukung saya," ucap Southgate.

"Dia tentu sangat kecewa. Itu sudah pasti. Dia memang sosok yang luar biasa. Dia menjalankan kepemimpinan dengan sangat baik. Namun, tidak ada alasan bila pemain muda tak bisa memimpin. Apalagi, kami punya banyak pemain muda dengan caps yang tidak sedikit," katanya.

Inggris melakoni dua laga uji coba sebelum tampil di Jerman. Mereka mengawalinya dengan uji coba melawan Bosnia-Herzegovina di St James’ Park, 3 Juni 2024. Berselang empat hari, mereka menghadapi Islandia.

Pasukan Southgate mengawali pertarungan di Euro 2024 dengan menghadapi Serbia pada 16 Juni 2024. Selanjutnya mereka bertemu Denmark dan terakhir melawan Slovenia.

Skuat sementara Inggris

Kiper: Jordan Pickford (Everton), Dean Henderson (Crystal Palace), Aaron Ramsdale (Arsenal), James Trafford (Burnley)

Belakang: Jarrad Branthwaite (Everton), Lewis Dunk (Brighton), Joe Gomez (Liverpool), Marc Guehi (Crystal Palace), Ezri Konsa (Aston Villa), Harry Maguire (Manchester United), Jarell Quansah (Liverpool), Luke Shaw (Manchester United), John Stones (Manchester City), Kieran Trippier (Newcastle), Kyle Walker (Manchester City)

Tengah: Trent Alexander-Arnold (Liverpool), Conor Gallagher (Chelsea), Curtis Jones (Liverpool), Kobbie Mainoo (Manchester United), Declan Rice (Arsenal), Adam Wharton (Crystal Palace)

Depan: Jude Bellingham, (Real Madrid), Jarrod Bowen (West Ham), Eberechi Eze (Crystal Palace), Phil Foden (Manchester City), Jack Grealish (Manchester City), Anthony Gordon (Newcastle), Harry Kane (Bayern Munich), James Maddison (Tottenham), Cole Palmer (Chelsea), Bukayo Saka (Arsenal), Ivan Toney (Brentford), Ollie Watkins (Aston Villa)