Bagikan:

JAKARTA - Kejutan di tim nasional Inggris. Pemain sayap Jack Grealisih dan bek tengah Harry Maguire dicoret manajer Gareth Southgate sehingga dipastikan absen di Euro 2024.

Southgate sudah memangkas lima dari 33 pemain yang dipanggil untuk mengikuti pemusatan latihan timnas. Dari 33 pemain, Southgate harus menguranginya menjadi 26 pemain sesuai kuota setiap tim yang berlaga di Piala Eropa.

Sebelumnya, gelandang James Maddison (Tottenham Hotspur) dan Curtis Jones (Liverpool) sudah dicoret. Begitu pula kiper Burnley James Trafford sudah out sehingga menyisakan Jordan Pickford, Dean Henderson dan Aaron Ramsdale berebut menjadi kiper nomor satu The Three Lions.

Menjelang uji coba terakhir melawan Islandia, Sabtu, 8 Juni 2024 dini hari WIB, Southgate membuat kejutan dengan mencoret Maguire dan Grealish. Meski di luar perkiraan, namun kegagalan mereka bertahan di timnas tampaknya sudah diperkirakan.

Bagaiman tidak, kondisi Maguire sudah tak fit karena belum pulih dari cedera betis. Dirinya sudah tak bisa memperkuat Manchester United sejak April lalu.

Southgate tetap memanggil dia dengan harapan bisa pulih di tengah persiapan tim. Namun kondisi Maguire tak kunjung membaik dan masih belum waktu untuk pemulihan.

"Tentu saya sangat kecewa tidak terpilih untuk membela Inggris di Euro. Saya sudah berusaha keras tetapi saya masih belum pulih dari cedera betis," kata Maguire dalam unggahannya di Instagram.

"Saya sesungguhnya sudah berusaha keras untuk pulih. Tetapi upaya ini gagal sehingga saya kecewa. Bagi saya bermain untuk timnas Inggris adalah sebuah kehormatan. Itu adalah segalanya bagi saya," ucap dia.

Maguire menuturkan dirinya tetap akan mendukung Inggris di Euro 2024. Dia juga merencanakan langsung kembali ke klub untuk menjalani pemulihan.

"Bila saya tak bisa tampil sebagai pemain, saya akan mendukung tim sebagai fans bersama pendukung dari seluruh negeri. Jadi, pergi dan jadilah juara," kata Maguire.

"Selanjutnya, saya menjalani perawatan di Manchester United. Saya berharap bisa kembali bermain tepat waktu musim depan," ujarnya.

Sementara, Grealish tak mampu menunjukkan performa terbaik bersama Manchester City musim ini. Meski Southgate tetap memasukkan Grealish untuk menjalani pelatnas, namun dia pun akhirny dicoret.

Musim ini, Grealish bermain di bawah form. Dirinya hanya mengemas tiga gol dan tiga assists selama 36 penampilan di berbagai kompetisi bersama Man City.

Pemain berusia 28 ini pun sudah kehilangan tempat sebagai starter di timnas Inggris. Pada uji coba melawan Bosnia-Herzegovina, Grealish yang turun sebagai pemain pengganti menyumbang satu assist. Namun, itu masih belum bisa meyakinkan Southgate untuk mempertahankannya.

Selanjutnya, pemain lain yang kemungkinan dilepas Southgate di antaranya Jarell Quansah dan pemain depan Everton Jarrad Branthwaite.