Bagikan:

JAKARTA - Bek kanan Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam Bahar, memberikan pandangannya terkait hasil laga yang kurang memuaskan saat melawan Irak di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Asnawi turut diturunkan Shin Tae-yong sebagai pemain pengganti pada babak kedua. Menurutnya, salah satu faktor yang cukup memengaruhi hasil laga tersebut ialah kondisi lapangan yang buruk.

Pemain yang kini merumput di klub Thailand, Port FC, itu bahkan mengatakan bahwa sebelumnya sudah berharap kondisi lapangan lebih baik ketimbang laga terakhir Timnas Indonesia melawan Vietnam pada Maret 2024.

"Kondisi lapangan hari ini memang kurang baik. Memang sudah diperingatkan beberapa minggu sebelumnya kalau bermain di Stadion Utama Gelora Bung Karno, kami berharap (kondisi lapangan) jauh lebih baik dibanding pertandingan sebelumnya lawan Vietnam," kata Asnawi Mangkualam saat konferensi pers selepas laga di SUGBK, Jakarta, pada Kamis, 6 Juni 2024, malam WIB.

Ketika melawan Vietnam, kondisi rumput SUGBK memang kembali mencuri perhatian. Pasalnya, beberapa waktu sebelum pertandingan digelar, berlangsung sejumlah agenda di luar sepak bola yang membuat rumput lapangan utama harus ditutup.

Kendati demikian, proses pemulihan sempat dijalani beberapa bulan sebelum Timnas Indonesia kembali tampil. Namun, tetap saja kondisi rumput belum pemulhan.

Begitu juga menjelang laga melawan Irak. Pada 18 Mei 2024 digelar konser NCT Dream di SUGBK. Pemulihan pun dilakukan hanya sekitar dua minggu lebih.

Asnawi tak menampik bahwa proses pemulihan rumput dan kondisi lapangan dirasa belum optimal saat lawan Irak. Hal itu dianggap menjadi faktor yang memengaruhi pergerakan pemain.

"Memang ada perubahan (untuk kondisi lapangan), tetapi tidak jauh berbeda. Beberapa struktur lapangan yang tidak rata itu masih ada dan cukup berpengaruh juga buat para pemain," kata Asnawi Mangkualam.

Timnas Indonesia menjamu Irak dalam putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Pada pertandingan yang digelar Kamis, 6 Juni 2024, tuan rumah kalah 0-2 lewat gol penalti Ayman Hussein (54') dan Ali Jassim (86').