Timnas Indonesia vs Irak: Nadeo Argawinata dan Shayne Pattynama Gabung, Bakal Starter?
Timnas Indonesia bersiap menjalani laga perdana Grup D Piala Asia 2023 (dok. PSSI).

Bagikan:

JAKARTA - Timnas Indonesia akan melakoni laga perdana Grup D Piala Asia 2023 menghadapi Irak. Partai itu akan berlangsung di Stadion Ahmed bin Ali pada Senin, 15 Januari 2024, pukul 21.30 WIB.

Menjelang laga, Nadeo Argawinata dan Shayne Pattinama diketahui akan bergabung Skuad Garuda pada saat-saat terakhir.

Nadeo Argawinata dipanggil Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia menggantikan posisi Syahrul Trisna yang mengalami cedera pada pemusatan latihan terakhir di Qatar.

Kiper Borneo FC itu diketahui telah terbang ke Qatar pada Minggu, 14 Januari 2024, malam WIB. Dia diperkirakan bakal tiba di Qatar pada Senin, 15 Januari 2024, sore hari waktu setempat.

Kehadiran Nadeo di Qatar sendiri masih mencuatkan tanda tanya apakah ia bakal masuk skuad di laga perdana atau tidak.

Jika hal itu terjadi, Nadeo jelas tak punya banyak waktu untuk beradaptasi dan melakukan persiapan. Soalnya, Shin Tae-yong memanggilnya hanya berselang satu hari sebelum laga perdana berlangsung.

Belum lagi soal waktu tiba Nadeo yang hanya berjarak beberapa jam sebelum sepak mula pada pukul 19.00 waktu Qatar atau 21.30 WB.

Situasi di atas membuka peluang kecil bagi Nadeo untuk main bersama Skuad Garuda sejak menit awal. Meski begitu, Shin Tae-yong masih bisa menurunkan Ernando Ari sejak menit awal karena sang penjaga gawang dalam kondisi yang prima.

Sementara itu, untuk Shayne Pattynama, ia juga dikabarkan telah bergabung ke tim pada Senin, 15 Januari 2024, dini hari WIB.

Shayne kembali bergabung setelah sempat meninggalkan pemusatan latihan Timnas Indonesia di Turki pada 1 Januari 2024.

Ia harus terbang ke Belanda guna menjaga sang ibunda yang tengah sakit. Setelah sang ibu sukses menjalani operasi, mantan pemain Viking FK itu langsung terbang ke Qatar untuk memperkuat Timnas Indonesia di Piala Asia 2023.

Peluang Shayne untuk gabung dalam starting XI di laga kontra Irak juga tak terlalu besar. Pasalnya, sang bek sayap tidak mengikuti sesi latihan taktik yang dilakukan Shin Tae-yong sejak awal hingga pertengahan Januari 2024.

Opsi lain yang bisa diterima Shayne adalah bermain di laga kedua saat Timnas Indonesia bersua Vietnam pada Jumat, 19 Januari 2024.

Pada laga melawan Irak di pertandingan perdana Grup D Piala Asia 2023, Shin Tae-yong diprediksi akan mengandalkan nama-nama yang sama ketika Timnas Indonesia kalah 1-2 dari Libya dan ditumbangkan Iran 0-5 di laga uji coba.

Perbedaan kemungkinan hanya terjadi untuk satu nama yaitu, Asnawi Mangkualam. Asnawi yang absen saat melawan Libya dan tampil di babak kedua kontra Iran, kemungkinan besar bakal diturunkan Shin Tae-yong.

Posisi sang bek kanan cukup krusial sebagai kapten dan bisa membantu daya serang tim.

Prediksi Susunan Pemain Timnas Indonesia vs Irak di Piala Asia 2023

Indonesia (3-4-1-2): Ernando Ari; Rizky Ridho, Jordi Amat, Elkan Baggott; Asnawi Mangkualam, Pratama Arhan, Justin Hubner, Ivar Jenner; Marselino Ferdinan; Witan Sulaeman, Rafael Struick