Bagikan:

JAKARTA - Tidak ada Harry Kane saat Inggris beruji coba melawan Brasil di Stadion Wembley, Minggu, 24 Maret 2024 dini hari WIB. Bek Kyle Walker dan striker Ollie Watkins yang akan menggantikan Kane yang belum pulih dari cedera engkel.

Tidak ada Kane, Jordan Henderson dan Cole Palmer. Ketiganya dalam kondisi tidak fit sehingga manajer Gareth Southgate tidak memainkan mereka. Bahkan Kane juga tidak bisa tampil di laga berikutnya melawan Belgia.

Meski demikian, Kane tetap bersama tim. Striker Bayern Munchen ini akan menyaksikan laga melawan Brasil.

Usai laga itu, dirinya kembali ke Jerman untuk menjalani pemulihan di klubnya. Kane sendiri mengalami cedera engkel saat Bayern menang 5-2 atas Darmstadt di kompetisi Bundesliga Jerman, Sabtu lalu.

Southgate tak ingin mengambil risiko memaksakan Kane tampil di sebuah laga uji coba meski melawan tim elite, Brasil.

Begitu pula di laga melawan Belgia, dirinya tidak akan diturunkan. Bahkan top skor dalam sejarah timnas Inggris ini sudah kembali ke Jerman.

"Tidak ada Harry Kane, Jordan Henderson maupun Cole Palmer di laga ini [melawan Brasil]. Cole dan Hendo [Henderson] punya peluang lebih baik melawan Belgia daripada Harry. Dia sangat diragukan bisa bermain," ucap Southgate.

Southgate tak mempersoalkan ketidakhadiran Kane yang sudh mengemas 31 gol di kompetisi Bundesliga Jerman. Sebaliknya, ini memberi kesempatan pemain lain menunjukkan kemampuan terbaik.

"Ini kesempatan bagus bagi pemain lain. Kami harus melihat penampilan mereka secara lebih cermat sebelum berlaga di Euro. Menurut saya, ini peluang bagus," kata dia

Southgate memang sudah menyiapkan pengganti Kane. Untuk ban kapten yang selama ini menjadi milik Kane akan diserahkan kepada Walker. Bek Manchester City ini merupakan salah satu pemain senior di skuat The Three Lions.

Sedangkan di lini depan, Southgate bakal memilih antara Olli Watkins dan Ivan Toney. Namun Watkins yang merupakan mesin gol andalan Aston Villa akan menjadi starter.

Laga melawan Brasil memberi kesempatan kepada Inggris mengalahkan tim elite dunia. Apalagi selama ini Inggris memiliki rekor buruk saat bertemu juara dunia lima kali ini.

"Kami hanya mampu mengalahkan Brasil empat kali. Hanya banyak pertandingan kami melawan tim-tim besar. Jadi saya tidak terlalu paham tentang rekor pertemuan itu. Yang jelas tim tersebut harus kami kalahkan," kata Southgate.

"Laga ini juga memberi kesempatan kami untuk menguji kemampuan di berbagai aspek dari permainan kami," ucapnya.

Prakiraan Susunan Pemain

Inggris (4-3-3): Pickford; Walker, Stones, Maguire, Gomez; Foden, Rice, Bellingham; Bowen, Watkins, Rashford

Brasil (4-2-3-1): Bento; Danilo, Bremer, Beraldo, Wendell; Guimaraes, Luiz; Raphinha, Rodrygo, Vinicius Jr; Richarlison