Bagikan:

JAKARTA - Luar biasa Inggris yang sukses menyingkirkan Belanda di semifinal Euro 2024. Dalam laga di Stadion BVB, Dortmund, Kamis, 11 Juli 2024 dini hari WIB, Inggris menang 2-1. Gol menit terakhir Ollie Watkins membawa Inggris ke final menghadapi Spanyol.

Inggris lolos ke final untuk kali kedua secara berturut-turut. Sebuah prestasi yang termasuk mengesankan. Pada Euro 2020, Inggris melaju ke final untuk menghadapi Italia.

Namun Inggris yang bermain di kandang sendiri di Stadion Wembley malah kalah adu penalti. Kini, tim asuhan Gareth Southgate meluncur ke laga puncak.

Lawannya pun berbeda, Spanyol, yang menyingkirkan Perancis juga dengan skor 2-1. Laga final digelar di Stadion Olympic, Berlin, Senin, 15 Juli 2024 dini hari WIB.

Inggris pun bakal lebih percaya diri menghadapi La Roja. Pasalnya mereka sukses mengalahkan Belanda, salah satu tim unggulan di Euro 2024.

Tak hanya itu, kemenangan diraih Inggris justru Southgate menarik dua pemain pilar, Harry Kane dan Phil Foden. Keduanya digantikan Cole Palmer dan Watkins.

Ini seperti perjudian Southgate karena pergantian tersebut dilakukan menjelang akhir pertandingan. Bila adu penalti, Inggris kembali bakal tanpa Kane.

Namun dua pemain pengganti itu menjawab kepercayaan Southgate. Mereka berperan penting dalam gol kedua yang menentukan kemenangan dan membawa Inggris ke final.

Laga semifinal itu sendiri berlangsung menarik dan diwarnai gol cepat. Pasalnya kedua tim sama-sama bermain ofensif.

Belanda unggul lebih dulu saat laga baru berjalan tujuh menit. Gol cepat tim Oranje dihasilkan Xavi Simons yang melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti. Bola tendangan pemain Paris Saint Germain ini gagal diamankan kiper Jordan Pickford.

Hanya keunggulan 1-0 Belanda tak bertahan lama. Inggris dengan cepat bangkit mengejar ketinggalan setelah mendapat hadiah penalti di menit 18.

Penalti diberikan karena bek Denzel Dumfries melakukan pelanggaran terhadap Kane. Meski demikian, wasit Felix Zwayer sempat meninjau insiden itu lewat VAR. Hasilnya, penalti untuk Inggris.

Kesempatan itu dimanfaatkan dengan baik oleh Kane yang mengambil eksekusi penalti. Meski kiper Bart Verbruggen sudah tepat mengantisipasi arah bola tendangan kapten The Three Lions ini, namun bola tetap meluncur deras ke gawang Belanda.

Ini menjadi gol ketiga Kane yang mengantarkannya sebagai top skor di Euro 2024. Dirinya bersaing dengan Dani Olmo (Spanyol) yang juga mengemas tiga gol. Sementara, empat pemain lain, termasuk Cody Gakpo dari Belanda sudah tak bisa menambah gol karena timnya tersingkir di Piala Eropa.

Skor 1-1 untuk kedua tim. Dalam kedudukan imbang, Inggris menunjukkan permainan yang lebih baik. Apalagi, juara dunia 1966 ini unggul dalam penguasaan bola.

Peluang bagus diperoleh Foden di menit 23. Namun bola yang sudah hampir masuk ke gawang Belanda berhasil dibuang Dumfries.

Pemain Inggris sempat mengangkat tangan menandakan bola sudah melewati garis. Namun wasit tidak menggubris dan pertandingan tetap berlanjut.

Belanda kemudian membangun serangan. Hasilnya, Dumfries mendapat giliran mengancam gawang Inggris. Mendapat bola silang dari Simons, bek Inter Milan ini menyambutnya dengan sundulan. Sayangnya, sundulan Dumfries masih membentur tiang gawang.

Inggris kembali menguasai permainan dan mencoba menekan pertahanan juara Euro 1988 ini. Namun serangan mereka selalu menemui kegagalan.

Foden untuk kali kedua mendapat peluang untuk membobol gawang Verbruggen. Hanya saja, upaya gelandang Manchester City masih gagal.

Tendangan dia masih melebar. Dan, peluang berikutnya Foden juga tak bisa dikonversi menjadi gol karena bisa diamankan kiper.

Tidak ada tambahan gol yang tercipta. Skor 1-1 untuk kedua tim bertahan sampai babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, Inggris melakukan pergantian pemain. Bek Luke Shaw yang baru pulih dari cedera mendapat kesempatan bermain setelah menggantikan Kieran Trippier.

Namun Inggris justru berada dalam tekanan. Belanda berkali-kali mengancam gawang Pickford meski usaha mereka tak membuahkan hasil.

Peluang bagus diperoleh kapten Belanda Virgil van Dijk yang menerima bola silang dari Joey Veerman. Hanya saja, tendangan langsung dia ke gawang bisa diamankan kiper.

Inggris kemudian berhasil keluar dari tekanan. Mereka pun mengancam pertahanan Belanda. Peluang bagus diperoleh Bukayo Saka dan bahkan pemain depan Arsenal ini sempat membobol gawang lawan di menit 80.

Namun gol dia dianulir karena bek Kyle Walker sudah dalam posisi offside saat melepaskan umpan silang kepada Saka.

Usaha Inggris akhirnya membuahkan hasil saat pertandingan memasuki injury time. Striker Ollie Watkins yang masuk menggantikan Kane di menit 81 sukses membobol gawang Belanda di menit 90+1.

Berawal dari umpan Cole Palmer, dirinya yang membelakangi gawang sempat dbayangi secara ketat oleh pemain Belanda.

Tanpa melihat gawang, Watkins yang sempat berbalik dan langsung melepaskan tendangan ke gawang. Verbruggen gagal menjangkau bola yang meluncur ke sisi kanan gawang.

Skor 2-1 untuk Inggris. Belanda tak mampu memanfaatkan sisa waktu yang ada. Skor tak berubah dan Inggris melaju ke final untuk kali kedua secara berturut-turut menghadapi Spanyol.