Bagikan:

JAKARTA – Tiga cabang olahraga (cabor) masuk dalam unggulan Indonesia untuk mendapat medali emas di Olimpiade Paris 2024 yang berlangsung pada 26 Juli sampai 11 Agustus 2024.

Ketiga cabor itu diungkapkan Menteri Pemuda dan Olahraga, Dito Ariotedjo, ketika mengukuhkan kontingen Indonesia di Wisma Kemenpora, Senayan, Jakarta, pada Rabu, 10 Juli 2024, siang WIB.

"Emas kita banyak berharap dari bulu tangkis pastinya. Jika dilihat dari kualifikasi, panjat tebing dan angkat besi mungkin itu adalah cabor yang secara perhitungan memiliki potensi besar mendapatkan medali," ujar Dito.

Total ada sebanyak 29 atlet dari 12 cabor yang akan tampil di Paris nanti. Jumlah ini merupakan terbesar buat Indonesia dalam 20 tahun terakhir.

Delapan cabor lain yang ikut ke Paris ialah panahan, judo, selancar, renang, atletik, balap sepeda, menambak, dayung, dan senam.

Jika ketiga cabor andalan itu bisa mendapat emas maka Indonesia akan menorehkan sejarah untuk pertama kalinya bisa mengantongi lebih dari dua medali emas sepanjang keikutsertaan di Olimpiade.

"Pastinya kita selalu berharap memiliki perolehan peringkat dan medali yang lebih baik dari sebelumnya," ujar Dito.

Kontingen besar Indonesia dijadwalkan berangkat ke Perancis pada 13 Juli 2024, Sementara yang terakhir menyusul ialah dua atlet renang pada 22 Juli 2024.