Bagikan:

JAKARTA – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo, berharap target Indonesia di Olimpiade Paris 2024 bisa tercapai.

Olimpiade Paris 2024 mulai berlangsung pada 26 Juli sampai 11 Agustus 2024. Indonesia total punya sebanyak 29 atlet yang akan berpartisipasi di multievent akbar empat tahunan itu.

"Banyak sekali cabang olahraga yang ini pertama kali atletnya lolos ke Olimpiade. Jadi, insyaallah nantinya hasilnya juga bisa mengukir sejarah," ujar Dito dilansir situs Kemenpora.

Jumlah atlet yang dikirim oleh Indonesia pada tahun ini merupakan terbanyak selama 20 tahun terakhir.

Dito mengatakan bahwa sejauh ini persiapan kontingen Indonesia untuk menghadapi acara Olimpiade Paris 2024 sudah mencapai 80 persen.

"Jadi, sisa 20 persennya ini soal keberangkatan nanti bagaimana, administrasi, dan adaptasi di lapangan," katanya.

Indonesia hadir ke Paris dengan target membawa pulang lebih dari dua medali emas untuk pertama kalinya dalam sejarah keikutsertaan di Olimpiade.

Pencapaian terbaik Indonesia sebelumnya ialah dua medali emas pada Olimpiade Barcelona 1992. Dua emas saaat itu disumbangkan oleh cabang olahraga (cabor) bulu tangkis nomor tunggal putri dan putra.

Selain itu, Indonesia juga diharapkan bisa membawa medali emas dari cabor lain untuk pertama kalinya pada tahun ini. Selama ini bulu tangkis masih menjadi satu-satunya cabor yang menyumbang emas Olimpiade buat Merah-Putih.