Mimpi Desak Made Rita Tampil di Olimpiade 2024 Paris Sudah Muncul Sejak Pelatnas 2020
Atlet panjang tebing Desak Made Rita Kusuma Dewi. (Foto: Dok. Kemenpora)

Bagikan:

JAKARTA - Desak Made Rita menjadi atlet kedua Indonesia yang sudah dipastikan lolos ke Olimpiade 2024 Paris. Tiket itu diraihnya setelah sukses membawa pulang medali emas dari Kejuaraan Dunia Panjat Tebing atau IFSC Climbing World Championships 2023, beberapa waktu lalu.

Atlet panjat tebing speed putri Indonesia tersebut mengungkapkan, dirinya telah memimpikan tampil di Olimpiade Paris 2024 sejak mengikuti pemusatan latihan nasional (Pelatnas) pada 2020.

"Saat masuk pelatnas pada 2020, di situ saya punya mimpi main di Olimpiade Paris. Mimpi itu terwujud dan saya sangat bersyukur bisa meraih tiket untuk main di Olimpiade nantinya," katanya.

"Semoga teman-teman atlet lainnya bisa menyusul," lanjut Desak Made Rita, saat menyambangi kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga, Selasa, 22 Agustus.

Harapan besar kini berada di pundak Desak Made Rita. Dia diharapkan bisa mempersembahkan medali untuk kontingen Merah Putih.

Harapan itu disampaikan Menpora Dito Ariotedjo. Dia ingin melihat Desak Made Rita mampu menorehkan prestasi tertinggi dalam ajang pesta olahraga yang diselenggarakan empat tahun sekali itu.

"Kami harap nanti di Olimpiade Paris, Desak mampu meraih prestasi tertinggi. Pokoknya kami dukung penuh," kata Menpora.

Pada IFSC Climbing World Championships 2023, atlet asal Bali itu tak hanya merebut gelar juara dan tiket ke Olimpiade 2024. Dia juga mampu memecahkan catatan waktu pribadinya menjadi 6,48 detik.

Selanjutnya atlet berusia 22 tahun itu akan membela tim Merah Putih pada ajang Asian Games 2023 Hangzhou yang berlangsung mulai 23 September mendatang.