Daftar 6 Atlet Indonesia yang sudah Lolos Olimpiade Paris 2024
Diananda Choirunisa atlet panahan yang lolos Olimpiade Paris 2024 (dok. NOC Indonesia).

Bagikan:

JAKARTA – Indonesia total sudah meloloskan enam atlet ke Olimpiade Paris 2024. Tiket terbaru diamankan atlet menembak Fathur Gustafian.

Ia mendapat tiket Olimpiade Paris 2024 saat tampil dalam Asian Rifle/Pistol Championship 2024 di Lapangan Tembak Senayan, Jakarta, Rabu, 10 Januari 2024.

Pada pertandingan final 10 meter air rifle putra senior, Fathur mengumpulkan total skor 208,3 dan finis posisi keempat.

Dia berada di belakang peraih emas Sihan Ma dari China (230,2 poin), peraih perak Cho Dae-han dari Korea Selatan (229,9 poin), dan Rudrankksh Balasaheb Patil dari India yang mendapat perunggu (228,7 poin).

Walaupun finis di luar tiga besar, Fathur tetap mendapat jatah tiket ke Olimpiade Paris 2024 karena China dan India sudah memenuhi kuota.

China telah memenuhi kuota melalui Sheng Lihao di World Rifle & Pistol Championship 2022 dan Yang Haoran di World Championship 2023.

Sementara itu, peraih perunggu Rudrankksh Patil sebelumnya sudah terlebih dahulu mengamankan tiket Olimpiade Paris 2024 di ajang World Rifle & Pistol Championship 2022.

Oleh karena itu, jatah dua tiket pada nomor 10 meter air rifle putra otomatis didapat oleh Cho Dae-han yang mendapat perak dan Fathur yang finis di urutan keempat.

Prestasi ini membuat Fathur menjadi atlet menembak pertama dari Indonesia yang memastikan diri lolos ke Olimpiade Paris 2024.

Lolosnya Fathur membuat Indonesia sekarang sudah punya enam wakil. Lima wakil lainnya dari panahan dan panjat tebing masing-masing dua dan satu tiket dari cabang olahraga senam artistik.

Dua atlet panahan yang memastikan diri tampil di Olimpiade Paris 2024 ialah Arif Dwi Pangestu dan Diananda Choirunisa.

Sementara dua wakil dari panjat tebing ialah Desak Made Rita Kusuma Dewi dan Adi Mulyono. Terakhir, atlet yang lolos Olimpiade Paris 2024 dari cabor senam artistik ialah Rifda Irfanaluthfi.

Indonesia berambisi mencetak sejarah membawa pulang lebih dari dua medali emas untuk pertama kalinya dalam sejarah di Olimpiade Paris 2024.

Pencapaian terbaik Indonesia sebelumnya di Olimpiade adalah dua medali emas pada Olimpiade Barcelona 1992. Dua emas yang dibawa pulang ketika itu melalui pebulu tangkis Susi Susanti dan Alan Budikusuma.

Daftar 6 Atlet Indonesia Lolos Olimpiade Paris 2024

Fathur Gustafian

Desak Made Rita Kusuma Dewi

Adi Mulyono

Rifda Irfanaluthfi

Arif Dwi Pangestu

Diananda Choirunisa