Bagikan:

JAKARTA – Total sudah ada delapan atlet Indonesia yang memastikan diri lolos ke Olimpiade Paris 2024.

Tiket terbaru ke Paris diamankan oleh lifter andalan Indonesia, Eko Yuli Irawan. Dia mendapat tiket usai merebut medali perak dalam angkatan snatch di nomor 61 kg putra Kejuaraan Dunia Angkat Besi atau IWF World Cup 2024 di Phuket, Thailand, Selasa, 2 April 2024.

Eko akan tampil di Olimpiade untuk kelima kalinya alias quintrick. Ia sebelumnya membela Indonesia di empat Olimpiade beruntun sejak Olimpiade Beijing 2008.

Ketika itu, dia berhasil membawa pulang medali perunggu, medali yang berhasil ia dapatkan kembali empat tahun kemudian saat tampil di Olimpiade London 2012.

Lalu, saat berpartisipasi di Olimpiade Rio de Janeiro 2016, lifter 34 tahun ini mendapat medali perak. Medali serupa ia pertahankan dalam penampilan terbarunya di Olimpiade Tokyo 2020.

"Alhamdulillah, bersyukur masih dikasih kesempatan sama Tuhan Yang Maha Kuasa buat ikut OIimpiade lagi untuk kelima kali," ucap Eko Yuli.

Eko Yuli Irawan sekarang menyandang predikat sebagai atlet Indonesia dengan koleksi medali terbanyak, yakni empat keping. Mengekor di posisi kedua ialah atlet angkat besi putri, Raema Lisa Rumbewas, yang punya tiga keping medali.

Lolos ke Paris membuat Eko membuat sejarah sebagai atlet Indonesia dengan penampilan terbanyak di Olimpiade. Paris akan menjadi kesempatan kelima Eko mengejar medali emas yang sudah lama diimpikannya.

Kendati paling banyak tampil di Olimpiade, mimpi Eko Yuli untuk meraih medali emas Olimpiade belum terwujud. Karena itu, Olimpiade Paris 2024 akan menjadi kesempatan terakhirnya untuk mewujudkan ambisi tersebut.

Sementara itu, torehan Eko Yuli Irawan mendapat apresiasi dari Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia), Raja Sapta Oktohari.

"Selamat dan luar biasa atas sejarah baru buat Indonesia lewat pencapaian quintrick tampil di Olimpiade dari Eko Yuli Irawan. Konsistensinya patut mendapatkan apresiasi dan menjadi motivasi buat atlet-atlet lain," ungkap Okto, sapaan akrab Raja Sapta Oktohari.

Sebelum Eko, Indonesia sudah mengamankan tujuh tiket Olimpiade Paris 2024. Tiga di antaranya diamankan atlet panahan putra Arif Dwi Pangestu, panahan putri Diananda Choirunisa, dan atlet senam artistik Rifda Irfanaluthfi.

Empat lainnya yang ke Perancis ialah atlet menembak putra Fathur Gustafian, atlet panjat tebing putra Rahmad Adi Mulyono, atlet panjat tebing putri Desak Made Rita Kusuma Dewi, dan atlet selancar putra Indonesia Rio Waida.

Daftar 8 Atlet Lolos Olimpiade Paris 2024

Fathur Gustafian (Menembak)

Desak Made Rita (Panjat Tebing)

Rio Waida (Selancar)

Eko Yuli Irawan (Angkat Besi)

Arif Dwi Pangestu (Panahan)

Diananda Choirunisa (Panahan)

Rifda Irfanaluthfi (Senam Artistik)

Rahmat Adi Mulyono (Panjat Tebing)