Bagikan:

JAKARTA - Alfeandra Dewangga terpaksa menunda bergabung pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia U-23 di Dubai. Dia mesti lebih dulu menjalani operasi.

Pemain PSIS Semarang itu dijadwalkan menjalani operasi di salah satu rumah sakit di Cibubur akibat adanya benjolan di sekitar lengan. Meski rekan di Timnas Indonesia U-23 telah bertolak ke Dubai pada 1 April 2024, Dewangga bergabung lebih lama karena mesti menjalani operasi pada Selasa, 2 April 2024.

"Alfeandra Dewangga saat ini harus menjalani operasi kecil karena ada benjolan di dekat ketiak kirinya," tulis keterangan di situs resmi PSIS Semarang dikutip Kamis, 4 April 2024.

Pemain yang bisa berperan sebagai bek tengah, bek kiri, dan gelandang bertahan itu pertama kali merasakan keluhan sebelum laga PSIS melawan Barito Putera di Liga 1 2023/2024.

Meski bisa tampil, nyatanya penyakitnya itu sangat mengganggu dan harus tetap mendapat tindakan. Dewangga kini harus menunggu lampu hijau dari tim dokter soal kapan ia bisa segera bergabung Garuda Muda.

"Kemarin sebelum lawan Barito Putera sudah sakit, tapi tetap bisa main. Setelah itu, saya tetap berangkat ke Jakarta."

"Namun, kondisinya memang harus operasi kecil. Terkait keberangkatan ke Piala Asia U-23 2024, saya menunggu instruksi saja dan melihat kondisi saya."

"Dokter juga sampaikan butuh waktu recovery lima hari sampai satu minggu," kata Dewangga.

Waktu pemulihan yang mencapai satu minggu itu sebenarnya masih memungkinkan bagi Dewangga untuk menyusul TC Timnas Indonesia U-23 yang berlangsung selama dua pekan di Dubai.

Pada agenda TC nanti, rencananya Timnas Indonesia U-23 juga akan melakukan uji coba. Laga uji coba pertama dijadwalkan berjumpa Arab Saudi pada Jumat, 5 April 2024. Kemudian, pada 8 April 2024, giliran menghadapi Uni Emirat Arab.

Setelah itu, Timnas Indonesia U-23 akan memulai perjuangan di Piala Asia U-23 2024 pada 15 April 2024. Garuda Muda akan langsung menghadapi tuan rumah Qatar di laga pembuka.

Tim asuhan Shin Tae-yong lantas akan bersua Australia pada 18 April 2024. Terakhir, Indonesia U-23 bertemu Yordania pada 21 April 2024 di laga pemungkas Grup A.