Fiorentina Kalahkan Atalanta dan Buka Peluang ke Final Coppa Italia
Pemain Fiorentina merayakan gol Rolando Mandragora di laga pertama semifinal Coppa Italia melawan Atalanta. (X/@afcfiorentina)

Bagikan:

JAKARTA - Fiorentina membuka peluang melangkah ke final Coppa Italia. Pada semifinal pertama di Stadion Artemio Franchi, Florence, Kamis, 4 April 2024 dini hari WIB, Fiorentina menang tipis 1-0 atas Atalanta.

Fiorentina menunjukkan kebangkitan saat bertarung di Coppa Italia. Setelah menelan kekalahan 2-1 dari AC Milan di pertandingan Serie A Italia yang juga digelar di kandang sendiri, Fiorentina berhasil meraih kemenangan di laga yang tidak kalah krusial.

Kemenangan atas Atalanta membuka harapan Fiorentina untuk merengkuh Coppa Italia. Apalagi, La Viola sudah lama tak pernah memenanginya. Mereka terakhir kali menjadi juara pada 2001.

Tak hanya itu, Coppa Italia menjadi harapan terakhir sekaligus satu-satunya peluang Fiorentina untuk menutup kompetisi dengan meraih sebuah trofi juara.

Hanya mereka masih akan melakoni satu pertandingan lagi di kandang Atalanta pada 25 April 2024.

Bila mampu menahan imbang La Dea, maka pasukan Vincenzo Italiano yang lolos ke final menghadapi Juventus atau Lazio. Pada laga pertama di Stadion Allianz, Juve sudah unggul 2-0.

Dalam duel itu, Fiorentina yang melangkah ke semifinal untuk ketiga kalinya secara berturut-turut, sepenuhnya menguasai permainan.

Mereka tercatat melepaskan 20 tendangan ke gawang. Namun hanya empat yang on target meski akhirnya tercipta satu gol.

Satu-satunya gol di laga itu dihasilkan gelandang Rolando Mandragora di menit 31. Dirinya melepaskan tendangan brilian dari luar kotak penalti yang menembus gawang Atalanta.

Mandragora melepaskan tendangan yang berjarak 27,6 meter dengan gawang. Ini menjadi tendangan terjauh yang membuahkan gol dari Fiorentina di berbagai kompetisi musim ini.

Fiorentina sesungguhnya berpeluang memperbesar keunggulan saat pemain sayap Nicolas Gonzalez mendapat peluang bagus di babak kedua. Hanya saja sundulan dia secara gemilang ditepis kiper Marco Carnesecchi.

Sedangkan Atalanta mendapat peluang melalui Ademola Lookman di menit 66. Mendapat umpan dari Mitchel Bakker, dirinya kemudian melepaskan tendangan ke gawang.

Namun sepakannya masih melebar. Skor 1-0 untuk Fiorentina bertahan sampai akhir laga.

Meski menang, Italiano mengungkapkan bila Fiorentina belum melangkah ke final. Menurut dia Fiorentina masih harus menyelesaikan pertandingan kedua yang sudah pasti tidak mudah.

"Tidak bisa dikatakan bahwa satu kaki kami sudah melangkah ke final. Bahkan bila menambah gol, kami tetap akan menjalani pertandingan yang tetap berat," kata Italiano.

"Atalanta saat bermain di kandang akan menekan Anda sampai separuh lapangan. Ini akan menjadi yang laga tidak mudah," ucapnya.