Bagikan:

JAKARTA - Fiorentina harus bekerja keras menyingkirkan Fiorentina di babak perempat final Coppa Italia. Dalam duel di Stadion Artemio Franchi, Florence, Rabu, 10 Januari dini hari WIB, Fiorentina menang 5-4 lewat drama adu penalti untuk meraih tiket ke semifinal.

Duel dua tim papan atas Serie A Italia memang berlangsung ketat. Di kompetisi, Fiorentina dan Bologna juga bersaing memperebutkan posisi di empat besar demi mengamankan tiket ke Liga Champions musim depan.

Dalam laga yang berakhir imbang tanpa gol selama 90 menit dan berlanjut perpanjangan waktu, Fiorentina tampil sebagai pemenang dalam adu penalti.

Ini untuk kedua kalinya La Viola mengalahkan rivalnya. Pada pertemuan pertama di kompetisi domestik, Fiorentina menang 2-1 atas Bologna.

Keberhasilan Fiorentina di Coppa Italia membawa mereka lolos ke semifinal untuk bertemu pemenang antara AC Milan dan Atalanta. Sementara pada pertandingan perempat final lain, Lazio menjamu AS Roma dalam derby d' Capitale dan Juventus menghadapi Frosinone.

Dalam duel itu, baik Fiorentina dan Bologna saling serang. Bologna mengambil inisiatif menyerang saat sepakan pemain depan Alexis Saelemaekers mengancam gawang Fiorentina. Hanya usahanya bisa  digagalkan kiper Oliver Christensen.

Selanjutnya, Fiorentina berpeluang unggul melalui Michael Kayode. Kali ini kiper Lukasz Skorupski yang menepis tendangan voli Kayode.

Meski tampil di kandang lawan, Bologna terlihat lebih menguasai permainan. Serangan mereka beberapa kali mengancam pertahanan tuan rumah. Tercatat striker Joshua Zirkzee dan Riccardo Orsolini yang memaksa barisan pertahanan Fiorentina bekerja keras.

Setelah tekanan yang dilakukan Bologna gagal, Fiorentina mulai menguasai permainan. Terutama di babak kedua, tuan rumah lebih mendominasi.

Gelandang Maxime Lopez sempat mengancam gawang Bologna saat menyambut sepak pojok. Namun tendangannya masih gagal karena berbelok arah. Sedangkan sundulan Lucas Martinez-Quarta digagalkan Skorupski.

Tidak ada gol yang tercipta sampai akhir pertandingan. Begitu pula di babak perpanjangan waktu sehingga laga mereka diselesaikan lewat adu penalti.

Dalam adu penalti, semua eksekutor menjalankan tugas dengan baik sampai akhirnya penendang kelima Bologna Stefan Posch gagal melakukannya. Sepakan pemain belakang ini melambung di atas mistar gawang.

Selanjutnya Lopez yang menjadi penentu kemenangan Bologna. Sebagai penendang kelima, dia menuntaskan eksekusinya dengan baik. Skor 5-4 untuk Fiorentina yang membawa mereka ke semifinal.