Bagikan:

JAKARTA - Kia, produsen kendaraan asal Korea Selatan, sedang menggarap facelift untuk Grand Carnival. Buktinya, perusahaan tengah menguji coba model tersebut di jalan raya India dengan sejumlah perubahan yang mencolok.

Dikutip dari RushLane, Senin, 8 Januari, bahwa minivan ini memiliki dimensi lebih dari 5,1 meter dan sedang diuji coba menggunakan stiker kamuflase. Meskipun tertutup oleh stiker penyamaran, perubahan pada kendaraan ini terlihat jelas pada bagian eksteriornya.

6

Generasi keempat minivan ini menghadirkan perubahan gaya yang berbeda dari sebelumnya. Fasia depan dan belakangnya memiliki unsur desain yang terinspirasi dari EV9, dengan lampu LED yang disusun secara vertikal.

Pintu geser elektrik yang menjadi fitur andalan tetap dipertahankan, sementara interior ditingkatkan untuk kenyamanan pengguna. Fitur seperti jendela berlapis ganda, layar kembar horizontal 10,2 inci yang terhubung, dasbor berlapis, pengatur suhu multi-zona, kursi pijat, dan kursi recliner baris kedua juga turut disematkan.

Untuk pasar India, Kia Carnival facelift ini menawarkan tata letak tempat duduk dan ruang yang lega mirip dengan limusin premium. Hal ini merupakan daya tarik yang signifikan mengingat popularitas segmen MPV di negara tersebut.

Mesin diesel 2,2 liter yang sama dipertahankan di bagian bawah kap, menghasilkan tenaga hingga 197 bhp dan torsi 440 Nm yang dipadukan dengan transmisi otomatis delapan percepatan.

Berhadapan dengan rival-rivalnya seperti Toyota Vellfire dan Mercedes-Benz V-Class, tidak mengherankan jika minivan ini akan memiliki harga yang cukup tinggi. Versi facelift diperkirakan akan dijual dengan kisaran harga 3 hingga 3,5 juta rupee (sekitar Rp560,3 juta hingga Rp653,7 juta). Peluncuran model ini diharapkan akan berlangsung pada pertengahan tahun 2024 mendatang.