Piala Perancis dan Peluang PSG Raih Treble
Kylian Mbappe (kanan) menjadi bintang kemenangan Paris Saint-Germain saat mengalahkan Stade Rennais dan lolos ke final Piala Perancis. (X/@PSG_Inside)

Bagikan:

JAKARTA - Paris Saint Germain menjaga peluang meraih treble setelah melaju ke final Piala Perancis dengan mengalahkan Stade Rennais 1-0 pada semifinal Piala Prancis di Stadion Parc des Princes, Kamis, 4 April 2024 dini hari WIB. Pemain depan Kylian Mbappe menjadi bintang kemenangan PSG.

Mbappe mencetak satu-satunya gol kemenangan PSG. Keberhasilan melangkah ke final membuka peluang PSG meraih gelar juara ke-15 kalinya di turnamen tersebut.

Namun lebih dari itu, PSG menjaga asa meraih treble. Meski belum pernah meraih trofi Liga Champions, namun PSG berpeluang mengikuti jejak Manchester City yang memenangi tiga trofi utama dalam satu musim.

Man City melakukannya pada 2022/2023 dan untuk kali pertama pula The Cityzens memenangi Liga Champions.

Man City juga menyusul tim-tim Premier League Inggris yang pernah mengangkat trofi kuping lebar, Liverpool, Manchester United, Chelsea, Nottingham Forest dan Aston Villa.

PSG merajut mimpi itu setelah melangkah ke final Piala Perancis. Di final, Les Parisien bertemu Olympique Lyonnais (Lyon) pada 25 Mei 2024. Di semifinal, Lyon mengalahkan Valenciennes FC 3-0.

Setelah melangkah ke final Piala Perancis, PSG juga kian dekat meraih titel Ligue 1 Perancis. Sedangkan di kompetisi Eropa, Marquinhos dkk sudah melaju ke perempat final. Mereka akan bertemu raksasa La Liga Spanyol, Barcelona.

Dari tim yang lolos 8 besar Liga Champions, hanya PSG dan Man City yang masih berpeluang meraih treble. Bila mampu melakukannya, maka mereka bakal mencatat rekor baru.

PSG menjadi tim pertama Ligue 1 yang meraih tiga trofi dalam satu musim. Pencapaian itu juga mengantarkan PSG sejajar dengan Barca, MU, Bayern Munchen, Man City dan Inter Milan.

Mereka adalah sedikit tim yang pernah merah treble. Bahkan Real Madrid yang menjadi pemegang rekor juara Champions dan AC Milan yang sudah tujuh kali melakukannya tak pernah memenangi treble.

Bila Man City yang meraih treble, klub itu juga mencatat rekor untuk pertama kalinya merah tiga trofi utama secara berturut-turut. Man City menjadi tim pertama dalam sejarah sepak bola Eropa dan itu akan sulit untuk diulangi.

Dalam pertandingan di semifinal Piala Perancis, PSG sudah menunjukkan dominasi.

Bahkan tim asuhan Luis Enrique berpeluang unggul pada menit-menit awal pertandingan. Pasalnya, PSG mendapat hadiah penalti di menit 37.

Hanya saja, Mbappe gagal menuntaskan eksekusi. Kiper Steve Mandanda berhasil menggagalkan penalti Mbappe. Namun, striker berusia 25 tahun itu tak melakukan kesalahan dengan mencetak gol tiga menit kemudian.

Dirinya menyambut umpan dari Fabian Ruiz untuk membobol gawang Rennes. Ini menjadi gol kedelapan dia di Piala Perancis.

Rennes sempat berharap menyamakan kedudukan dan memaksa adu penalti saat Martin Terrier mendapat peluang bagus untuk mencetak gol. Namun dia gagal menuntaskan peluang itu. Skor tetap 1-0 sampai akhir laga.

“Ini adalah laga yang sulit. Meski demikian kami sepenuhnya mendominasi pertandingan. Rennes sangat bagus. Di babak kedua kami memiliki kesempatan menambah gol, tetapi harus diakui Mandanda bermain sangat mengesankan," kata Enrique.

Usai Piala Perancis, PSG kembali bertarung di liga dan Liga Champions dalam upaya meraih treble. Mereka akan menghadapi Clermont Foot pada Minggu, 7 April 2024 dini hari WIB.

Selanjutnya, PSG menjamu Barcelona di leg pertama perempat final Liga Champions, Kamis, 11 April 2024 dini hari WIB.

"Sebelum memikirkan Liga Champions, kami fokus lebih dulu pada laga melawan Clermont. Ini penting bagi tim untuk tampil pada level tinggi di semua kompetisi," ujar Enrique yang akan melakukan reuni dengan Barca yang pernah diperkuat dan ditanganinya. Enrique juga mengantarkan Blaugrana meraih treble.

"Menghadapi mantan tim saya (Barcelona) akan menyenangkan. Tetapi saya ingin kami menjadi kompetitif dan memainkan pertandingan yang hebat," kata dia memungkasi.