Dua Target Besar Fajar/Rian sebelum Olimpiade Paris 2024
Fajar/Rian sudah mengemas gelar All England tahun ini (dok. PBSI).

Bagikan:

JAKARTA – Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto mengincar gelar di Badminton Asia Championship (BAC) 2024 dan Indonesia Open 2024 sebagai persiapan menuju Olimpiade Paris 2024.

BAC 2024 akan berlangsung di Ningbo, China, pada 9-14 April 2024. Sementara Indonesia Open 2024 dihelat di Istora, Senayan, Jakarta, pada 4-9 Juni 2024 atau kurang lebih dua pekan sebelum Olimpiade Paris 2024.

"Indonesia Open 2024 adalah salah satu target antara. Ada juga Badminton Asia (Championship) yang tidak kalah penting karena kami juga belum pernah juara di turnamen tersebut," ujar Rian.

Fajar/Rian pada tahun ini sudah mendapat gelar bergengsi di ajang bulu tangkis tertua di dunia, All England 2024. Mereka menjuarai ajang tersebut dalam dua tahun beruntun alias back-to-back.

Dengan demikian, mantan pasangan nomor satu dunia itu bisa lebih percaya diri untuk menambah koleksi gelar dalam beberapa turnamen ke depan sebelum ke Perancis.

"Kami pasti berusaha semaksimal mungkin untuk mempersiapkan diri lebih baik. Terpenting, kami harus bisa menjaga kondisi fisik dan peak performance supaya bisa tampil lebih baik, terutama nanti di Olimpiade Paris 2024," kata Rian.

Fajar/Rian saat ini dalam posisi aman di peringkat kualifikasi Olimpiade Paris 2024. Mereka menempati posisi ketujuh dan tinggal mengejar posisi empat besar untuk bisa menjadi unggulan di Paris nanti.

Fajar mengatakan bahwa untuk bisa menjadi unggulan, turnamen besar seperti Indonesia Open 2024 sangat penting buat mereka. Poin besar yang didapat dari ajang itu otomatis akan mendongkrak posisi mereka.

"Pasti ini adalah salah satu target tahun ini karena poinnya sangat berpengaruh buat seeding di Olimpiade. Jadi, persiapannya harus lebih fokus lagi karena belum pernah mendapatkan gelar," kata dia.

Indonesia Open 2024 tetap digelar di Istora Senayan setelah sempat ada rencana memindahkannya ke Indonesia Arena. Namun, ada masalah teknis yang membuat rencana itu urung diwujudkan.

Tiket Indonesia Open 2024 akan dijual secara daring pada 26 April 2024 mulai pukul 13.00 WIB. Total, ada tiga kategori tiket yang dijual panitia penyelenggara.