Imbang Lawan West Ham di London Derby, Tottenham Hotspur Gagal ke Empat Besar
Pertandingan West Ham United melawan Tottenham Hotspur yang berakhir imbang 1-1. (X/@SpursOfficial)

Bagikan:

JAKARTA - Tottenham Hotspur gagal memanfaatkan kesempatan masuk empat besar setelah bermain imbang 1-1 melawan West Ham United dalam London Derby di kompetisi Premier League Inggris di Stadion London, Rabu, 3 April 2024 dini hari WIB.

Tottenham gagal konsisten. Setelah bermain mengesankan saat menang 2-1 atas Luton Town, klub London Utara ini kemudian bermain imbang saat melakoni laga tandang melawan West Ham.

Hasil ini membuat Tottenham gagal menggeser Aston Villa sekaligus masuk zona Liga Champions. Tottenham tetap berada di posisi kelima dengan 57 poin, terpaut dua poin di belakang Villa yang menduduki peringkat empat.

Kedua tim sama-sama sudah memainkan 30 pertandingan. Meski demkian Villa tetap akan melakoni pertandingan melawan tuan rumah Manchester City, Kamis, 3 April 2024 dini hari WIB.

Bila mampu mencuri poin di kandang Man City, maka The Villans bakal menjauh dari kejaran Tottenham.

Sedangkan, West Ham tetap berada di posisi ketujuh di klasemen sementara dan berpeluang lolos ke kompetisi Eropa.

Paling tidak, West Ham yang memiliki 45 poin dari 31 pertandingan, berharap bisa kembali berkompetisi di Europa Conference League atau kasta ketiga Eropa.

Di laga itu, manajer Tottenham Ange Postecoglou melakukan perubahan dengan menurunkan Micky van de Ven, Rodrigo Bentancur, dan Brennan Johnson sebagai starter.

West Ham sendiri kehilangan kiper pertama, Alphonse Areola, yang cedera. Posisi Areola digantikan Lukasz Fabianski.

Dengan demikian tak banyak perubahan yang dilakukan manajer David Moyes pada skuat The Hammers.

Meski demikian, mereka berhasil mengambil inisiatif menyerang. Hanya saja, serangan West Ham memang selalu kandas.

Pertahanan The Lilywhites yang digalang Van de Ven menyulitkan klub London Timur itu untuk membobol gawang lawan.

Sebaliknya Tottenham sudah mengejutkan lawan di menit-menit awal pertandingan. Saat laga baru berjalan lima menit, Johnson berhasil mencetak gol lewat tendangan jarak dekat. Dirinya menyambut umpan silang Timo Werner untuk menaklukkan Fabianski.

Unggul 1-0 menjadikan Tottenham kian bersemangat menekan pertahanan lawan. Mereka terlihat berbahaya dalam serangan balik yang memaksa West Ham bekerja keras.

Tercatat tendangan Pedro Porro masih melenceng tipis. Selanjutnya, kapten Son Heung-min hampir mencetak gol dengan tendangan kaki kiri.

Namun saat tim tamu melakukan tekanan, West Ham malah berhasil menyamakan kedudukan. Gol dihasilkan Kurt Zouma yag menyambut sepak pojok Jarrod Bowen pada menit 19.

Dari sepak pojok itu, bola Zouma gagal dicegah kiper Guglielmo Vicario. Skor berubah menjadi 1-1.

Setelah gol itu, West Ham berbalik menekan Tottenham. Mereka nyaris menambah gol bila tendangan bebas James Ward-Prowse tidak gagal ditepis Vicario.

West Ham mendapatkan beberapa peluang melalui sepak pojok sebelum jeda. Hanya saja serangan mereka selalu kandas sehingga skor imbang itu bertahan sampai turun minum.

Di babak kedua, West Ham tetap bermain dengan tempo tinggi. Serangan balik mereka nyaris membobol gawang Tottenham.

Namun sepakan Michail Antonio yang berhasil melepaskan diri dari pengawalan Van de Ven masih bisa digagalkan Vicario.

Pada akhirnya tidak ada peluang bagus yang bisa dikonversi gol dari kedua tim. Tottenham memang mendapat satu peluang melalui bek Destiny Udogie di injury time.

Hanya saja, tendangan dia bisa ditepis kiper Fabianski. Skor 1-1 pun bertahan sampai akhir laga.