Tottenham Gagal ke Zona Liga Champions, Postecoglou Tak Kecewa
Duo Tottenham Hotspur kapten Son Heung-min (kanan) dan Brennan Johnson merayakan gol di pertandingan melawan West Ham United. (X/@SpusOfficial)

Bagikan:

JAKARTA - Manajer Ange Postecoglou tak kecewa Tottenham Hotspur gagal menang dan hanya mampu bermain imbang 1-1 melawan West Ham United di pertandingan Premier League Inggris. Postecoglou menuturkan Tottenham kian berkembang dan tim sudah berada di jalur yang tepat.

Tottenham menunjukkan konsistensi dengan memetik hasil memuaskan pada tiga laga dari empat laga terakhir. Mereka meraup tiga kemenangan dan sekali kalah 3-0 melawan Fulham.

Namun klub London Utara ini langsung bangkit dengan menaklukkan Luton Town 2-1. Hanya kesempatan meraih kemenangan berikutnya pupus setelah Tottenham bermain imbang saat menyambangi markas West Ham dalam London Derby di Stadion London, Rabu, 3 April 2024 dini hari WIB.

Di laga itu, The Lilywhites mampu mendominasi pertandingan dengan penguasaan bola mencapai 68%.

Tetapi tuan rumah pun menunjukkan perlawanan dan menciptakan peluang yang tidak sedikit dalam derbi yang berlangsung sengit dan menegangkan.

Tottenham sesungguhnya mengawali laga dengan baik. Mereka unggul lewat Brennan Johnson. Selanjutnya, Tottenham hampir saja menambah gol melalui Pedro Porro dan kapten Son Heung-min.

Namun West Ham mampu memanfaatkan peluang untuk menyamakan skor. Hasilnya Kurt Zouma sukses mengubah skor menjadi 1-1 dan membawa The Hammers terhindar dari kekalahan.

"Para pemain menunjukkan keinginan kuat untuk membenahi dan meningkatkan diri," kata Postecoglou yang menyebutkan penampilan tim sudah lebih baik dibandingkan saat dikalahkan Fulham.

Bila akhirnya gagal menang seperti saat menghadapi Luton, Postecoglou mengakui bila lawan memang lebih baik dan tangguh. Apalagi ini pertandingan derbi.

"Menurut saya, kami melawan lawan yang tangguh. Harus diakui permainan mereka cukup matang," katanya.

"Saya selalu mencari performa yang menunjukkan bahwa kami sedang berkembang. Saya pikir ini, penampilan tim lebih baik dari pertandingan melawan Fulham. Kami sudah berada di jalur yang tepat," ujar dia lagi.

Meski demikian, dirinya mengakui lini depan tim kehilangan ketajaman sehingga gagal mencetak lebih banyak gol. Selain itu, pemain mengalami kesulitan saat mendapat tekanan dari tim lawan.

"Kami masih kurang tajam di depan," kata Postecoglou. "Mereka juga manusia. Seandainya saya punya stik yang bisa mengatur pemain untuk ditempatkan sesuka saya. Tetapi persoalannya memang tidak seperti itu," ujarnya.

Hasil imbang melawan West Ham menggagalkan upaya Tottenham menggeser Aston Villa sekaligus masuk zona Liga Champions.

Tottenham tetap menduduki posisi lima dengan poin 57. Mereka masih terpaut dua poin dengan Villa yang bertengger di peringkat empat.