Preview Tottenham Hotspur Vs Newcastle United: Sama-sama Terluka
Pemain belakang Tottenham Hotspur Destiny Udogie. (Twitter @SpursOfficial)

Bagikan:

JAKARTA - Tottenham Hotspur berusaha bangkit saat menjamu Newcastle United yang mengalami keterpurukan dalam laga Premier League Inggris di Stadion Tottenham Hotspur, Minggu, 10 Desember pukul 23.30 WIB. Duel dua tim yang sama-sama terluka akibat kekalahan mengecewakan.

Tottenham tak pernah menang selama lima laga terakhir. Ironisnya, Son Heung-min dkk selalu unggul lebih dulu.

Bukannya mengakhiri laga dengan kemenangan, namun lawan yang dihadapi selalu bisa menyamakan skor dan bahkan membalikkan keadaan.

Paling akhir di laga midweek, Destiny Udogie dkk harus menyerah 2-1 saat menjamu West Ham United dalam London Derby.

Setelah unggul lebih dulu, The Hammers mampu menyamakan skor dan gol James Ward-Prowse yang membalikkan keadaan. West Ham pun meninggalkan London Utara dengan mengantungi tiga poin.

Hasil buruk itu yang membuat manajer Ange Postecoglou frustrasi. Apalagi, filosofi menyerang yang diusungnya sempat sukses di pekan-pekan pertama kompetisi.

Namun saat Tottenham kehilangan pemain yang mengalami cedera, strategi Postecoglou tak lagi berjalan sesuai ekspetasi.

Dirinya pun frustrasi karena The Lilywhites gagal di pertandingan yang seharusnya dimenangkan. Selain itu peringkat tim terus melorot dan kini berada di luar zona Liga Champions.

Tottenham beruntung karena Manchester United dipermalukan Bournemouth 3-0 sehingga gagal merebut posisi mereka. Kedua tim sama-sama mengantungi poin 27, tetapi Tottenham masih unggul selisih gol.

"Permainan menyerang kami masih jauh dari harapan. Kami menciptakan begitu banyak peluang. Tetapi seperti pertandingan lain, kami lemah dalam penyelesaian akhir," kata Postecoglou.

"Ini bukan perkara bagaimana bermain bagus. Ini soal bagaimana kami bisa memenangkan pertandingan. Saya menyiapkan tim ini untuk menang. Bila unggul 1-0 di babak pertama, kami belum bermain bagus. Penampilan yang bagus bila kami unggul 3-0 atau 4-0," ucap dia.

Situasi sama dihadapi Newcastle. Setelah menang tipis 1-0 atas MU, The Magpies kemudian dipermalukan Everton 3-0. Kekalahan itu menjadikan Newcastle gagal memperbaiki posisi.

Persaingan ketat memang tidak hanya berlangsung di papan atas. Bahkan di 'second line', Newcastle berebut peringkat dengan MU, Tottenham, Brighton and Hove Albion serta West Ham United. Bila kesulitan menembus zona Liga Champions, tim-tim tersebut masih berharap berada di di zona Liga Europa.

Saat menyambangi markas Tottenham, manajer Newcastle Eddie Howe tampaknya tidak melakukan banyak perombakan pada skuat.

Hanya kiper Nick Pope yang menambah daftar panjang pemain yang cedera. Posisinya kembali digantikan Martin Dubravka.

Hanya The Toon Army tengah mengincar kiper untuk menggantikan Pope sampai akhir musim. Rumor transfer menyebutkan eks kiper MU David de Gea akan direkrut untuk jangka pendek saja.

Sementara, Son sempat menjadi teka-teki karena mengalami cedera bahu di laga melawan West Ham. Namun bintang Korea Selatan ini dinyatakan fit dan bisa kembali memperkuat Tottenham.

Pulihnya Son membuat Postecoglou lega karena tidak menambah daftar pemain yang cedera. Dia memang tak mencari alasan dengan banyaknya pemain yang harus menepi karena cedera.

Namun tidak dipungkiri Tottenham mendapat pukulan tak ringan karena deretan pemain yang absen seperti James Maddison, Micky van de Ven, Rodrigo Bentancur, dan Eric Dier yang merupakan pemain pilar.

Bersama mereka, Tottenham sempat menguasai takhta klasemen. Kini, Postecoglou harus mengandalkan pemain yang berbeda tetapi tidak mengubah filosofi menyerang mereka.

Prakiraan Susunan Pemain

Tottenham Hotspur (4-2-3-1): Vicario; Porro, Romero, Davies, Udogie; Sarr, Bissouma; Kulusevski, Lo Celso, Richarlison; Son

Newcastle United (4-3-3): Dubravka; Trippier, Lascelles, Schar, Livramento; Joelinton, Guimaraes, Miley; Almiron, Isak, Gordon