Tottenham Hotspur vs Burnley: Tak Perlu Fokus Trofi Juara
Tottenham Hotspur jangan fokus mengakhiri puasa gelar tetapi bagaimana menjaga konsistensi. (X/@SpursOfficial)

Bagikan:

JAKARTA - Tottenham Hotspur harus membangun tim yang konsisten ketimbang fokus mengakhiri puasa gelar selama 16 tahun. Konsistensi itu dibutuhkan saat menghadapi Burnley di babak ketiga Piala FA di Stadion Totteham Hotspur, Sabtu, 6 Januari 2024, dini hari WIB.

Tottenham kehilangan konsistensi sehingga gagal mempertahankan posisi di puncak klasemen. Setelah kalah bersaing dengan tetangga sebelah, Arsenal, yang membuat mereka turun peringkat, The Lilywhites kemudian dilewati Liverpool dan Aston Villa.

Terakhir, juara bertahan Manchester City kembali ke empat besar setelah kehilangan sejumlah poin.

Bahkan, kini Tottenham tak lagi masuk zona Liga Champions. Mereka masih tertahan di peringkat kelima dengan poin 39. Terpaut enam poin dari Liverpool yang bertengger di puncak klasemen.

Kegagalan menjaga konsistensi menjadikan Tottenham puasa gelar. Tim terakhir kali memenangi trofi pada 2008.

Saat itu, Tottenham menjadi juara Carabao Cup. Pada tahun-tahun berikutnya, klub London Utara ini hanya sebatas finalis seperti di final Liga Champions 2019. Mereka juga dua kali meluncur ke final Carabao Cup 2015 maupun 2021.

Pada musim 2016/17, Tottenham mengakhiri kompetisi Liga Inggris dengan menjadi runner-up. Pencapaian itu kian mengukuhkan Tottenham sebagai spesialis nomor dua.

"Dengan klub seperti itu, saya yakin memenangi satu trofi saja sesungguhnya bisa dilakukan. Jadi, perlu dibangun sebuah tim dan klub yang mampu bersaing memenangi trofi setiap tahun," ucap Manajer Ange Postecoglou.

"Ada harapan memenangi trofi karena bisa menyembuhkan semua penyakit. Itu tidak benar. Sekali Anda memenangi trofi, apa yang dikatakan fans? Apakah mereka akan berkata, 'Kita tak perlu juara lagi dan menunggu sampai 15 atau 16 tahun lagi'. Tentu tidak. Mereka bakal meminta lebih," kata dia lagi.

Postecoglou optimistis membangun tim yang solid sehingga Tottenham bisa meraih sukses. Postecoglou sendiri pernah meraih sukses dengan memenangi trofi di Australia, Jepang, dan Skotlandia.

Tottenham melakoni laga penting di babak awal Piala FA. Meski baru bertarung di babak ketiga, Tottenham sudah bertemu tim sesama Liga Inggris, Burnley.

Totteham berada di atas angin karena bertindak sebagai tuan rumah. Sementara, Burnley tengah mengalami kesulitan karena berada di zona degradasi.

Pada laga itu, Totteham kehilangan kapten Timnas Korea Selatan, Son Heung-min. Dirinya dipanggil membela tim nasional yang berlaga di Piala Asia 2023.