Kebobolan Lebih Dulu, West Ham Permalukan Tottenham Hotspur dalam London Derby
Tottenham Hotspur harus mengakui keunggulan West Ham United dalam London Derby. (Twitter @SpursOfficial)

Bagikan:

JAKARTA - Duel sesama tim Kota London selalu tak mudah. Tidak terkecuali Tottenham Hotspur saat menjamu West Ham United dalam laga Premier League Inggris. Bermain di kandang sendiri dalam London Derby di Stadion Tottenham Hotsur, Jumat, 8 Desember dini hari WIB, Tottenham yang sudah unggul lebih dulu malah kalah 2-1.

Tottenham begitu perkasa pada awal pekan kompetisi, kini mereka mengalami penurunan. Klub London Utara ini kian merasakan pentingnya seorang Harry Kane yang kini sudah pindah ke Bayern Munchen.

Saat menghadapi tim tetangga, Tottenham sesungguhnya melakukan start bagus. Namun tim asuhan David Moyes berhasil menyamakan kedudukan dan bahkan berbalik unggul.

Situasi sama yang dialami Tottenham selama tiga laga sebelumnya. Mereka unggul lebih dulu saat melawan Chelsea, Wolverhampton Wanderers dan terakhir Aston Villa, tetapi kemudian menelan kekalahan.

Kejadian ini terulang saat menjamu The Hammers. Alhasil, suporter tim tamu pun menyanyikan, "Tottenham Hotspur, it’s happening again."

Kekalahan itu menjadikan Tottenham gagal menyamai perolehan poin Manchester City yang bertengger di peringkat empat.

Tottenham tetap berada di posisi lima dengan poin 27. Sama dengan Manchester United yang kalah selisih gol sehingga berada di posisi enam.

Sementara, posisi West Ham juga tak berubah. Mereka berada di peringkat sembilan dengan memiliki poin 24. Meski demikian, West Ham bisa merapatkan jarak pon dengan tim-tim di atasnya.

Di pertandingan itu, Tottenham yang bermain di kandang sendiri melakukan start bagus. Mereka bisa mendominasi dan unggul lewat gol cepat Cristian Romero.

Gol itu tercipta saat laga baru berjalan 11 menit setelah sundulan Romero yang menyambut assist Pedro Porro membobol gawang West Ham.

Setelah gol itu, Tottenham berusaha menekan pertahanan lawan. Dengan keunggulan penguasaan bola mencapai 83%, The Lilywhites beberapa kali mengancam pertahanan The Iron Hammers.

Hanya serangan pasukan Ange Postecoglou selalu kandas. Skor 1-0 untuk tuan rumah pun bertahan sampai 45 menit pertama.

Di babak kedua, Tottenham tetap mengendalikan permainan. Namun kelengahan barisan pertahanan Tottenham menjadikan West Ham berhasil menyamakan skor saat laga baru berjalan tujuh menit.

Striker Jarrod Bowen berhasil memanfaatkan bola rebound setelah sepakan Mohammed Kudus bisa diblok Romero. Hanya bola liar tersebut yang kemudian disambar Bowen.

Skor 1-1 menjadikan West Ham bangkit dan berbalik menekan Tottenham. Upaya mereka ternyata tidak sia-sia. Di meni 74, tim tamu berhasil membalikkan keadaan.

Lagi-lagi, gol tercipta karena kegagalan reaksi cepat bek Tottenham. Saat kembali terjadi bola rebound, mereka tak segera bereaksi untuk membuang bola.

Sebaliknya, gelandang West Ham James Ward-Prowse yang memanfaatkan dan melepaskan tendangan ke gawang di menit 74.

Skor berubah menjdi 2-1 untuk West Ham. Tidak ada lagi gol yang tercipta sehingga West Ham yang berhasil memenangkan derby.