Imbang Lawan West Ham, Brighton Masih Bisa Geser Manchester United
West Ham United bermain imbang tanpa gol melawan Brighton and Hove Albion. (X/@WestHam)

Bagikan:

JAKARTA - West Ham United hanya mampu bermain imbang 0-0 saat menjamu Brighton and Hove Albion di pertandingan Premier League Inggris di Stadion London, Rabu, 3 Januari 2024 dini hari WIB. Hasil itu menjadikan Brighton sudah bisa menggeser Manchester United.

Duel dua tim papan tengah yang kehilangan taji. Brighton bermain cemerlang di laga sebelumnya dengan menghajar Tottenham Hotspur 4-2. Mereka juga mengimbangi permainan klub Kota London, Crystal Palace, di laga yang berakhir 1-1.

Namun The Seagulls harus puas mendapatkan satu poin setelah kembali bermain imbang melawan klub London lain, West Ham.

Hasil itu setidaknya membawa Brighton naik satu strip di klasemen sementara. Tim asuhan Roberto De Zerbi sukses menduduki peringkat tujuh dengan poin 31.

Sama dengan MU, namun Brighton unggul selisih gol sehingga mereka bisa menggeser posisi The Red Devils.

Sementara, West Ham mengukuhkan posisinya di peringkat enam dengan poin 34. Terpaut lima poin dengan Tottenham Hotspur yang menduduki peringkat lima.

West Ham sesungguhnya memiliki catatan bagus sebelum meladeni Brighton. Tim asuhan David Moyes ini sukses menghajar MU 2-0 dan kemudian mengalahkan tuan rumah Arsenal dengan skor sama dalam London Derby.

Kemenangan mengesankan itu membawa West Ham memperbaiki peringkat. Hanya, The Hammers gagal mencetak kemenangan ketiga saat menjamu Brighton.

Di pertandingan itu, kedua tim sesungguhya bermasalah dengan cedera pemain. Total 16 pemain inti dari kedua tim yang absen di pertandingan itu.

Gelandang Mohamed Kudus menjadi pemain terakhir West Ham yang mengalami cedera sehingga tidak bisa tampil di laga itu. Meski belum pulih dari cedera hamstring, Kudus tetap dipanggil timnas Ghana yang akan bermain di Piala Afrika.

Selain itu, gelandang Lucas Paqueta tak bisa bermain karena cedera lutut. Tanpa keduanya, lini depan West Ham sama sekali tak berkutik menghadap benteng pertahanan kokoh Brighton.

Bila sektor depan kesulitan mencetak gol, sebaliknya kiper West Ham Alphonse Areola tampil gemilang. Dirinya paling tidak menggagalkan delapan peluang dari Brighton yang kehilangan sembilan pemain di laga itu.

Seperti halnya Areola, kiper Brighton Jason Steele juga tidak kalah cemerlang saat berdiri di bawah mistar. Dirinya menggagalkan dua peluang tuan rumah melalui James Ward-Prowse dan Konstantinos Mavropanos.

Ini menjadi peluang emas West Ham saat tendangan dari jarak dekat Ward-Prowse bisa digagalkan Steele. Begitu pula sundulan Mavropanos yang punya potensi gol tak bisa dikonversi karena Steele.

Namun performa gemilang Areola yang membuat Brighton gagal meraih kemenangan.

Dengan penguasaan bola mencapai 62%, mereka seharusnya bisa mengungguli West Ham. Namun Brighton gagal melakukannya.

Dari delapan penyelamatan yang dilakukan kiper Prancis ini, ada dua peluang yang seharusnya bisa dikonversi menjadi gol, yaitu Jack Hinshelwood dan Pascal Gross. Ini menjadikan sampai akhir pertandingan tetap imbang tanpa gol.