Hasil Timnas Indonesia vs Libya: Skuad Garuda Dibantai 0-4
Timnas Indonesia kalah 0-4 pada laga uji coba melawan Libya (dok. PSSI).

Bagikan:

JAKARTA - Timnas Indonesia harus menerima hasil yang tak memuaskan di laga uji coba kontra Libya. Tim asuhan Shin Tae-yong dibantai dengan skor telak 0-4.

Pada laga yang berlangsung di Mardan Sport Complex, Antalya, Turki, Selasa, 2 Januari 2023, pukul 20.00 WIB, sejatinya tTimnas Indonesia dan Libya bermain dengan tensi tinggi. Laga menampilkan permainan terbuka, dua kubu saling serang.

Pada awal laga, skor unggul jadi milik Libya yang sekaligus membuat mereka unggul pada babak pertama dengan skor 1-0. Gol pembuka itu dicetak kapten mereka, Ahmad Ekrawa.

Ekrawa mencetak gol setelah bisa menguasai bola liar dari hasil sapuan tak sempurna Wahyu Prasetyo di kotak penalti. Ekrawa lantas melepaskan tembakan keras dari jarak dekat dan tidak bisa dibendung oleh kiper Syahrul Trisna.

Berlanjut ke babak kedua, rotasi besar-besaran dilakukan Shin Tae-yong dengan memasukan Justin Hubner, Jordi Amat, Ivar Jenner, Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikri, Marselino Ferdinan, dan Adam Alis.

Dari perubahan itu, Timnas Indonesia sejatinya punya peluang bagus untuk mencetak gol pada awal babak kedua. Sodoran bola dari Witan diteruskan oleh tembakan keras Adam Alis, tapi ternyata penjaga gawang Libya masih bisa menepis bola dan kemudian bola membentur mistar.

Setelah itu, Ekrawa tampil mengejutkan dengan memberikan serangan balasan. Berawal dari sepak pojok, sundulannya berhasil menjadi gol, tapi dianulir oleh wasit.

Usaha Libya menggandakan keunggulan akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-58. Berawal dari kesalahan Justin Hubner, Libya bisa menguasai bola di daerah pertahanan Indonesia.

Omar Alkhoja lalu menerima bola liar di kotak penalti. Omar Alkhoja bisa menggetarkan gawang Indonesia meski dibayangi Justin Hubner dan membuat keunggulan berubah 2-0.

Setelah dua gol itu, Skuad Garuda terus menekan. Namun, ternyata Libya kembali berhasil menambah gol.

Nouradin El Gelaib bisa memanfaatkan kesalahan Justin Hubner di lini belakang yang membuat Libya unggul 3-0 pada menit ke-89.

Libya lalu menambah gol pada masa injury time. Tendangan jarak jauh dilakukan Al Qijdar memanfaatkan kesalahan umpan dari Jordi Amat.

Bola meluncur mulus masuk ke gawang Timnas Indonesia dan membuat Libya unggul 4-0. Tak ada lagi gol setelah itu dan Skuad Garuda takluk empat gol tanpa balas.