Bagikan:

JAKARTA - Liverpool berhasil meraup tiga poin pada pekan ke-20 Liga Inggris 2023/2024 menjamu Newcastle United di Stadion Anfield, Selasa, 2 Januari 2024. Mohamed Salah menjadi bintang Si Merah dengan sumbangsih dua gol.

Salah menjadi pencetak gol pembuka dan penutup Liverpool dalam kemenangan 4-2.

Penampilan apik itu langsung mendapat pujian dari manajer The Reds, Jurgen Klopp. Meski begitu, manajer asal Jerman itu sempat khawatir kala anak asuhnya banyak membuang peluang.

Pada babak pertama, Liverpool vs Newcastle berakhir tanpa gol. Mohamed Salah gagal mencetak gol dari titik penalti, sementara Darwin Nunez menyia-nyiakan delapan tembakan ke gawang.

Selepas gol pembuka Salah pada menit ke-49, Klopp bisa lega. Pemainnya bisa memaksimalkan peluang meski sempat disamakan 1-1.

Setelah kedudukan imbang 1-1 itu, Liverpool mampu menjaga keunggulan. Mereka unggul 3-1, sebelum akhirnya menyegel kemenangan 4-2.

Tak heran, Klopp secara khusus melempar pujian kepada Salah. Pemain asal Mesir itu memang menjadi pendobrak gol sekaligus pengunci kemenangan.

"Mo (Mohamed Salah) adalah mesin pencetak gol. Sejujurnya, kami akan terbantu jika dia mencetak penalti pertama, tapi semuanya (ternyata) baik-baik saja dan begitulah adanya. Dia tidak akan pernah berhenti melakukan hal-hal ini."

"Ini benar-benar sangat istimewa. Darwin (Nunez) juga mempunyai beberapa peluang. Pada momen ini, menurut saya 99,9 persen pemain akan berusaha menyelesaikan situasi itu sendiri. Dia (Salah) berhasil menguasai bola. Benar-benar istimewa, saya harus mengatakan wow."

"Itu adalah pertandingan yang spesial, malam yang spesial," kata Klopp dilansir Sky Sports.

Kemenangan itu kian spesial mengingat Liverpool kini berada di puncak klasemen Liga Inggris 2023/2024 dengan 45 poin. Mereka unggul tiga poin dari Aston Villa di peringkat kedua.

Manchester City yang ada di tangga ketiga memang belum menjalani pekan ke-20 dengan 40 poin. Artinya, mereka tak bisa menggeser Liverpool kalaupun menang.

Tak hanya itu, bertenggernya Liverpool di puncak klasemen membuat banyak pihak memfavoritkan pasukan Anfield menjadi juara Liga Inggris 2023/2024.