Timnas Indonesia Kalah dari Libya, Shin Tae-yong Ternyata Cari Formula Antisipasi Irak di Piala Asia 2023
Shin Tae-yong mencari formula khusu untuk Timnas Indonesia yang tampil di Piala Asia 2023 (dok. PSSI).

Bagikan:

JAKARTA - Timnas Indonesia menelan dua kekalahan pada dua laga uji coba melawan Libya. Skuad Garuda takluk 0-4 pada perjumpaan pertama, 2 Januari 2024.

Pada pertemuan kedua melawan Libya, yang masuk FIFA Matchday, Timnas Indonesia kembali takluk dengan skor tipis 1-2.

Meski demikian, Shin Tae-yong selaku pelatih Timnas Indonesia mengapresiasi perkembangan anak asuhnya. Terutama pada laga kedua yang mana Skuad Garuda tampil sangat berbeda.

Timnas Indonesia bahkan unggul lebih dulu melalui gol Yakob Sayuri pada menit keenam.

Selain itu, Skuad Garuda bermain lebih baik ketimbang pertemuan pertama lawan Libya. Mereka bahkan banyak memberikan ancaman dan berani mendominasi penguasaan bola.

Menanggapi penampilan anak asuhnya, Shin Tae-yong tak memedulikan hasil pertandingan. Soalnya, ternyata dia tengah mencari formula pas untuk mengantisipasi Irak yang menjadi lawan perdana di Piala Asia 2023.

"Memang selama di Turki kami sudah latihan fisik, tanpa bisa latihan taktik. Jadi, satu hari sebelum pertandingan (vs Libya) saja latihan taktik sebentar."

"Memang dalam laga ini (uji coba kedua melawan Libya) saya menggunakan formasi untuk antisipasi lawan Irak dan semua pemain bekerja keras. Di luar dari hasilnya, saya puas atas performa pemain dan tim," ucap Shin Tae-yong.

Timnas Indonesia akan menghadapi Irak pada 15 Januari 2024 di laga pertama Grup D Piala Asia 2023. Namun, sebelum tampil di turnamen, masih ada satu uji coba lagi melawan Iran pada 9 januari 2024.

Sehari selepas melawan Libya, Timnas Indonesia langsung bertolak ke Qatar dari Turki untuk pemusatan latihan lanjutan. Laga uji coba melawan Iran pun digelar di Qatar.