Bagikan:

JAKARTA - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, tak ambil pusing dengan hasil akhir tak memuaskan yang diterima timnya saat menghadapi Libya. Ia menyebut hasil akhir itu tak terlalu menjadi masalah.

Timnas Indonesia menghadapi Libya di laga uji coba perdana menjelang Piala Asia 2023. Pada laga yang digelar di Titanic Mardan Stadium, Turki, pada Selasa, 2 Januari 2024, Skuad Garuda kalah 0-4 dari Libya.

Hasil tersebut jelas mengecewakan bagi para pencinta sepak bola Tanah Air. Mereka juga khawatir dengan peluang Timnas Indonesia di Piala Asia 2023. Terlebih saat turnamen itu Skuad Garuda berada di Grup D bersama Irak, Vietnam, dan Jepang.

Shin Tae-yong justru santai di tengah kekhawatiran tersebut. Ia tak mempermasalahkan hasil akhir itu karena sang pelatih mengakui bahwa selama pemusatan latihan (TC) di Turki, timnya memang fokus ke latihan fisik.

"Memang para pemain begitu datang ke Turki sampai satu hari sebelum laga melawan Libya fokus latihan fisik. Jadi, memang saya tidak banyak berharap pada pertandingan kemarin,” ujar Shin Tae-yong dalam konferensi pers secara virtual yang pada Rabu, 3 Januari 2024.

Dari laga uji coba perdana menghadapi Libya itu, Shin Tae-yong mengakui bahwa ia ingin melihat bagaimana perkembangan kondisi para pemainnya.

"Saya hanya mau cek kondisi pemain, tanpa melihat skor pertandingan kemarin,” jelas sang pelatih.

Pada kesempatan sama, Shin Tae-yong memahami kekecewaan para penggemar sepak bola Indonesia. Namun, ia meminta mereka untuk tidak khawatir.

Fans sepak bola Indonesia pasti kecewa karena kami kalah lawan Libya 0-4, tapi mulai dari hari ini kami akan fokus untuk pertandingan (uji coba) pada tanggal 5 dan 9 Januari 2024,” ujar Shin Tae-yong.

Lebih lanjut, pelatih asal Korea Selatan itu menegaskan bahwa saat ini fokus Timnas Indonesia adalah untuk mempersiapkan diri demi tampil maksimal di laga pembuka Piala Asia 2023.

Pada laga perdana nanti, Timnas Indonesia akan berjumpa Irak di Ahmad Bin Ali Stadium, Qatar, Senin, 15 Januari 2024.

“Segala sesuatunya itu untuk persiapan pertandingan pertama Piala Asia 2023 melawan Irak pada 15 Januari 2024, fans tidak perlu khawatir,” tegasnya.