Juventus Buka Peluang ke Final Coppa Italia Usai Kalahkan Lazio
Striker Juventus Dusan Vlahovic merayakan gol yang dicetaknya di laga pertama semifinal Coppa Italia melawan Lazio. (X/@juventusfc)

Bagikan:

JAKARTA - Juventus membuka peluang ke final Coppa Italia setelah mengalahkan Lazio 2-0 pada duel semifinal pertama di Stadion Allianz, Rabu, 3 April 2024 dini hari WIB.

Juve langsung menuntaskan dendam dengan membalas kekalahan di kompetisi Serie A Italia. Saat kedua tim kembali berduel dengan komposisi pemain yang berbeda, Juve sukses mengatasi Lazio.

Pada duel akhir pekan lalu, Juve tidak bisa menurunkan striker Dusan Vlahovic karena larangan bermain. Tanpa penyerang andalan itu, Juve seperti kehilangan taji.

Lazio sendiri harus bekerja keras sebelum menang tipis 1-0 lewat gol Adam Marusic di menit terakhir. Kemenangan itu menjadi debut manis pelatih Igor Tudor yang pernah menjadi pilar penting Juve.

Namun Juve membalasnya saat laga digelar di kandang sendiri. Kemenangan atas Lazio menjadikan Juve selangkah lagi ke final sekaligus memenangi trofi untuk ke-22 kali.

Pasalnya Bianconeri hanya butuh hasil imbang pada laga kedua di kandang Lazio di Stadion Olimpico, Roma, 24 April 2024 dini hari WIB.

Juve sendiri tampil berbeda saat menjamu Biancocelesti. Kembalinya Vlahovic menjadikan serangan Juve lebih hidup dan menggigit pertahanan tim tamu.

Bahkan tuan rumah nyaris berpeluang mencetak gol pada menit-menit awal pertandingan. Wasit Davide Massa semula hendak memberikan penalti menyusul pelanggaran Matias Vecino terhadap bek Andrea Cambiaso.

Namun setelah meninjaunya lewat VAR, wasit membatalkan keputusannya. Dari tayangan ulang tersebut terlihat Cambiasso sudah dalam posisi offside.

Juve kembali memberikan tekanan. Hanya saja, Lazio justru berpeluang mencetak gol melalui Luis Alberto.

Namun sundulan Alberto yang menyambut umpan silang Petric masih membentur tiang gawang. Skor 0-0 bertahan sampai akhir babak pertama.

Di babak kedua, tim asuhan Massimiliano Allegri tetap bermain dengan tempo tinggi. Gelandang Adrien Rabiot nyaris membobol gawang Lazio saat pertandingan baru dimulai.

Sayangnya tendangan voli pemain tim nasional Perancis ini bisa diamankan oleh kiper Christos Mandas.

Kesabaran pemain Juve akhirnya membuahkan hasil saat pemain depan Federico Chiesa membobol gawang Lazio di menit 50. Penyerang timnas Italia itu berlari menyambut umpan matang Cambiaso dan dengan tenang melepaskan tendangan ke sudut gawang.

Bola dari Chiesa sempat membentur rekannya Manuel Locatelli sehingga sedikit berubah arah sebelum meluncur ke gawang. Namun Chiesa tetap dinyatakan sebagai pencetak gol dan Juve unggul 1-0.

Gol itu memicu Juve untuk bangkit dan Vlahovic menggandakan keunggulan mereka pada menit 64. Gol berawal dari gelandang Weston McKennie yang membawa bola dari kanan.

Dirinya kemudian melepaskan bola ke arah Vlahovic. Penyerang timnas Serbia itu kemudian melakukan penetrasi ke kotak penalti untuk membobol gawang Lazio. Skor menjadi 2-0 untuk Juve dan bertahan sampai akhir laga.

Hasil itu menjadikan Lazio yang mencapai semifinal Coppa Italia untuk pertama kalinya sejak 2018/2019 harus bekerja keras mengejar defisit gol. Kekalahan itu juga membuat Lazio menelan kekalahan selama lima laga tandang beruntun.

Pemenang di laga semifinal itu akan menghadapi Fiorentina atau Atalanta. Kedua tim akan berduel di semifinal pertama di kandang Fiorentina di Stadion Artemio Franchi, Kamis, 4 April 2024 dini hari WIB.