Bagikan:

JAKARTA - Timnas Indonesia U-23 kehilangan dua punggawa dalam agenda pemusatan latihan (TC) yang digelar di Dubai sejak 1 April 2024. Sempat dikabarkan bakal menyusul, Justin Hubner dan Alfeandra Dewangga justru dipastikan absen.

Kabar ini diketahui dari informasi terbaru yang dibagikan PSSI di laman resminya. Pada Jumat, 5 April 2024, Hubner dan Dewangga dipastikan tak akan menyusul rekan-rekan di Dubai.

“Selama TC di Dubai, Shin Tae Yong memanggil 28 pemain. Namun, ada dua pemain yg tidak dapat bergabung, yakni Alfeandra Dewangga dan Justin Hubner,” tulis PSSI dikutip pada Jumat, 5 April 2024.

Dalam keterangan yang sama, PSSI menjelaskan alasan  Dewangga tidak bisa berangkat ke Dubai untuk bergabung Timnas Indonesia U-23 karena belum pulih usai menjalani operasi. Sementara Justin Hubner tidak mendapat izin merapat dari klubnya, Cerezo Osaka.

“Untuk Dewangga, pemain asal PSIS tersebut gagal berangkat ke Dubai karena harus menjalani operasi kecil akibat ada benjolan di dekat ketiaknya."

"Sementara itu, untuk Justin (Hubner), pihak Cerezo Osaka tidak melepasnya karena tenaga Justin masih dibutuhkan oleh klub asal Jepang tersebut. Justin baru bergabung ke Cerezo Osaka pada akhir bulan Maret lalu,” lanjut keterangan PSSI.

Kabar ini tentu bukan hal baik karena pada Sabtu, 6 April 2024, dini hari WIB, Timnas Indonesia U-23 bakal menjalani uji coba perdana melawan Arab Saudi. 

Meski tanpa kehadiran Hubner dan Dewangga, Shin Tae-yong tetap memastikan Timnas Indonesia U-23 dalam kondisi siap tempur. Kondisi para pemain juga tanpa cedera secara keseluruhan sehingga bisa diturunkan secara bergantian.

“Persiapan kami baik dalam uji coba nanti. Kami mau mengetes kondisi para pemain seperti apa. Nanti kami akan membagi tim menjadi dua, per 45 menit,” tutur Shin Tae-yong.

Agenda uji coba ini juga digelar untuk mengetes sejumlah aspek yang dipatok pelatih untuk para pemain. Pasalnya, TC ini merupakan persiapan Timnas Indonesia U-23 jelang tampil di Piala Asia U-23 2024.

"Untuk target, pastinya bertahap. Babak pertama, kami fokus melihat dan sekalian mengecek kondisi para pemain sekaligus bagaimana kami akan bermain secara taktik. Tidak ada yang cedera, semua pemain terlihat baik,” ucap pelatih asal Korea Selatan tersebut