Wakil Indonesia di Olimpiade 2024 Bertambah, Desak Made Rita Kusuma Dewi Susul Arif Dwi Pengastu
Atlet panjang tebing Desak Made Rita Kusuma Dewi mendapat medali emas di Kejuaraan Dunia Panjat Tebing atau IFSC Climbing World Championships 2023. (Foto via Antara)

Bagikan:

JAKARTA – Prestasi membanggakan untuk Indonesia di ajang internasional kembali ditorehkan oleh atlet panjat tebing speed putri Indonesia Desak Made Rita Kusuma Dewi.

Dia sukses membawa pulang medali emas dari Kejuaraan Dunia Panjat Tebing atau IFSC Climbing World Championships 2023.

Desak Made menorehkan waktu 6,49 detik untuk menjadi yang terbaik pada final di Bern, Swiss, Jumat, 11 Agustus 2023. Dia unggul atas atlet panjat tebing Amerika Serikat Emma Hunt yang mengukir waktu 6,67 detik.

Mengekor kedua atlet itu adalah atlet panjat tebing Polandia Alesandra Miroslaw. Dia mengalahkan rekan senegaranya Aleksandra Kalucka dalam perebutan tempat ketiga.

Pencapaian di Swiss ini merupakan medali emas pertama ditorehkan oleh Desak Made sepanjang keikutsertaannya di kejuaraan IFSC.

Selain dinobatkan sebagai juara dunia di speed putri, Desak Made Rita juga mengamankan tiket Olimpiade 2024 Paris mendatang.

Kemudian di nomor speed putra, atlet panjat tebing Indonesia Rahmad Adi Mulyono berhasil menyumbangkan medali perunggu.

Rahmad Adi Mulyono kalah catatan waktu dengan atlet panjat tebing Italia Matteo Zurloni dan atlet panjat tebing China Jinbao Long.