Bagikan:

JAKARTA - Pertandingan Spanyol vs Jerman di perempat final Euro 2024 diminta untuk diulang. Sudah ada petisi permintaan tanding ulang tersebut yang sejauh ini ditandatangani lebih dari 35 ribu orang.

Spanyol vs Jerman sudah berduel di MHP Arena pada Jumat, 5 Juli 2024, pada perempat final Euro 2024. Skor berakhir 2-1 untuk kemenangan dramatis Tim Matador.

Kemenangan itu membawa Spanyol lolos ke babak semifinal untuk kemudian berduel dengan Perancis. Sementara hasil ini jadi pil pahit bagi Jerman, selaku tuan rumah yang justru tersingkir.

Selepas laga, muncul wacana bahwa pertandingan tersebut bakal diulang. Hal tersebut menyusul persetujuan lebih dari 35 ribu orang yang mengisi petisi di Change.org dilansir pada Selasa, 9 Juli 2024.

Julian M yang membuat petisi itu mengungkapkan wasit asal Inggris, Anthony Taylor, memimpin pertandingan dengan berat sebelah. Ia menyoroti insiden handball Marc Cucurella.

"Setelah handball yang jelas dilakukan oleh Marc Cucurella (pemain Spanyol) di area penalti (dengan tangan terulur), Jerman tidak mendapatkan penalti yang jelas-jelas pantas mereka terima, yang bisa saja membuat pertandingan menguntungkan mereka," tulis Julian.

Tidak hanya itu, Anthony Taylor juga dituding kerap memihak Spanyol. Karena itu, dia mengajukan pertandingan ulang Spanyol vs Jerman.

"Itu bahkan bukan yang pertama kalinya! Taylor telah dikritik oleh wasit lain karena bias terhadap Spanyol."

"Oleh karena itu, kami menuntut UEFA memutar ulang pertandingan tersebut, menyelidiki pelanggaran netralitas Taylor dan menghukumnya," kata Julian.

Hingga berita ini, dibuat lebih dari 35 ribu orang telah menandatangani petisi dan terus meningkat demi mendorong laga ulang.

Soal insiden handball Cucurella, momen itu terjadi pada menit ke-105 saat sang pemain memblok tembakan Jamal Musiala. Setelah kejadian itu, Spanyol mencetak gol kemenangan pada menit ke-119 lewat Mikel Merino.

Sejumlah pihak menilai keputusan wasit Taylor tidak memberikan penalti kepada Jerman tepat. Pasalnya, tangan kiri Cucurella dalam posisi dekat dengan tubuh dan mengarah lurus ke bawah.