Bagikan:

JAKARTA - Euro 2024 sudah memasuki babak perempat final. Delapan tim sudah memastikan lolos dari babak 16 besar dan akan berburu tiket semifinal.

Babak delapan besar akan dimainkan pada 5-6 Juli 2024. Empat venue akan dipakai, yaitu MHP Arena (Stuttgart), Volksparkstadion (Hamburg), Merkur Spiel-Arena (Dusseldorf), dan Olympiastadion (Berlin).

Sementara itu, dalam laman resmi UEFA, baru dua wasit utama yang mendapat tugas memimpin laga perempat final. Kedua wasit tersebut berasal dari Inggris, yaitu Anthony Taylor dan Michael Oliver. Mereka akan memimpin dua laga pertama.

Tuan rumah Jerman akan tampil pada laga pembuka perempat final. Der Panzer bakal berhadapan dengan kandidat juara Euro 2024 lain, Spanyol.

Wasit utama Anthony Taylor akan memimpin duel yang bisa dibilang final kepagian antara Spanyol vs Jerman.

Menariknya, tujuh dari delapan tim tersisa ini pernah menginjakkan kaki di semifinal Euro. Hanya Swiss yang belum pernah menyentuh empat besar turnamen terbesar antarnegara Eropa ini. Tentunya kelolosan ke semifinal akan menjadi sejarah buat Swiss.

Pada perempat final ini, boleh dibilang menyisakan dua kuda hitam. Selain Swiss, ada Turki yang juga berhasil menapaki delapan besar.

Enam tim sisanya merupakan unggulan bahkan menjadi kandidat juara Euro 2024 atau edisi ke-17.

Selain itu, hingga perempat final, sudah ada empat pemain yang ada di urutan teratas daftar pencetak gol terbanyak dengan tiga gol.

Perinciannya, Georges Mikautadze (Georgia), Ivan Schranz (Slovakia), Jamal Musiala (Jerman), dan Cody Gakpo (Belanda).

Dari empat nama itu, hanya dua pemain yang punya kans besar menambah pundi-pundi golnya, yaitu Gakpo dan Musiala. Soalnya, dua nama lain tak bisa menambah gol lantaran Georgia dan Slovakia sudah gugur di babak 16 besar.

Jadwal Perempat Final Euro 2024

Jumat, 5 Juli 2024

Spanyol vs Jerman

Pukul 23.00 WIB

Sabtu, 6 Juli 2024

Portugal vs Perancis

Pukul 02.00 WIB

Inggris vs Swiss

Pukul 23.00 WIB

Minggu, 7 Juli 2024

Belanda vs Turki

Pukul 02.00 WIB