Bagikan:

JAKARTA – Babak penyisihan grup Copa America 2024 sudah selesai dihelat. Total sebanyak delapan negara pun telah mendapat tiket ke perempat final.

Turnamen ini diikuti oleh 16 negara yang dibagi empat grup berisi masing-masing empat tim. Dua tim terbaik dari setiap grup akan lolos ke babak delapan besar.

Brasil menjadi tim terakhir yang menapaki babak gugur. Tim Samba lolos setelah bermain imbang 1-1 melawan Kolombia di pertandingan terakhir Grup D, pada Rabu, 3 Juli 2024, pagi WIB.

Dari grup tersebut, Kolombia berhak atas posisi juara grup. Mereka mengoleksi sebanyak tujuh poin atau unggul dua poin atas Brasil yang menempati posisi kedua klasemen akhir dengan lima poin.

Pada babak selanjutnya, Kolombia akan berhadapan dengan Panama yang merupakan runner-up Grup C. Sementara itu, Brasil harus bersua dengan Uruguay yang merupakan juara dari Grup C.

Empat tim lain yang tembus ke perempat final ialah Argentina, Kanada, Venezuela, dan Ekuador. Argentina dan Kanada merupakan juara dan runner-up Grup A. Lalu, Venezuela dan Ekuador menjadi wakil dari Grup B.

Argentina dan Venezuela lolos ke babak gugur berkat penampilan sempurna di babak grup. Mereka berhasil meraup poin maksimal dari tiga pertandingan yang dijalankan, sama seperti dengan Uruguay.

Sebagai juara Grup A, Argentina selanjutnya akan bersua dengan Ekuador, runner-up Grup B. Adapun Venezuela yang menjadi juara Grup B selanjutnya akan bertemu Kanada yang merupakan runner-up Grup A.

Pertandingan babak perempat final Copa America 2024 bakal dimulai pada Jumat, 5 Juli 2024, pukul 08.00 WIB, hingga 7 Juli 2024. Partai pertama perempat final dibuka oleh partai Argentina versus Ekuador.

Daftar Tim Perempat Final Copa America 2024

Argentina (Juara Grup A)

Kanada (Runner-up Grup A)

Venezuela (Juara Grup B)

Ekuador (Runner-up Grup B)

Uruguay (Juara Grup C)

Panama (Runner-up Grup C)

Kolombia (Juara Grup D)

Brasil (Runner-up Grup D)

Jadwal Perempat Final Copa America 2024

Jumat, 5 Juli 2024

Argentina vs Ekuador

Pukul 08.00 WIB

Sabtu, 6 Juli 2024

Venezuela vs Kanada

Pukul 08.00 WIB

Minggu, 7 Juli 2024

Kolombia vs Panama

Pukul 05.00 WIB

Uruguay vs Brasil

Pukul 08.00 WIB