Bagikan:

JAKARTA - Timnas Ekuador tak butuh waktu lama untuk mengambil keputusan tegas. Beberapa jam setelah tim kalah dari Argentina di perempat final Copa America 2024, Felix Sanchez langsung dipecat.

Pada Jumat, 5 Juli 2024, nasib Sanchez langsung berubah drastis. Kepastian bahwa ia tak lagi duduk di kursi pelatih Ekuador diungkapkan Federasi Sepak Bola Ekuador (FEF).

Melalui pernyataan resmi, FEF mengatakan kontrak Sanchez langsung dihapus menyusul kekalahan dari Argentina.

"FEF menginformasikan hari ini penghapusan kontrak Felix Sanchez telah disetujui. Kami mengucapkan terima kasih kepada Sanchez dan tim pelatih atas kerja keras dan profesionalisme mereka," tulis pihak FEF dikutip Jumat, 5 Juli 2024.

Pelatih asal Spanyol itu bergabung Ekuador pada Maret 2023 dengan durasi kontrak yang sejatinya berlangsung hingga empat tahun mendatang atau 2027.

Sebelum menangani Ekuador, Sanchez merupakan pelatih yang dirasa cukup mumpuni karena membawa Qatar juara Piala Asia 2019. Ia juga merupakan pelatih yang menangani Qatar di Piala Dunia 2022.

Prestasi Ekuador bersama Sanchez terbilang tidak terlalu buruk. Mereka sukses melangkah ke babak gugur Copa America 2024. Pencapaian itu merupakan kali ketiga Ekuador lolos ke perempat final Copa America dalam empat edisi terakhir.

Namun, hasil kurang memuaskan di babak perempat final justru mengubah nasib Sanchez. Ekuador dikalahkan Argentina lewat adu penalti 2-4 setelah bermain imbang 1-1 selama 90 menit.