Bagikan:

JAKARTA - Partai pembuka perempat final mempertemukan Argentina vs Ekuador di NRG Stadium, Houston, pada 5 Juli 2024, pukul 08.00 WIB.

Argentina membawa bekal ke babak delapan besar dengan catatan sempurna dari fase grup. Anak asuh memenangi semua laga grup dengan total sembilan poin.

Tim Tango jelas punya profil mentereng ketimbang Ekuador. Bukan soal komposisi pemain bintang, Argentina juga sangat superior di berbagai ajang.

Catatannya, Lionel Messi dan kawan-kawan total memenangi delapan pertandingan beruntun dan hanya kebobolan dua gol.

Argentina tampak tidak menemukan batu sandungan serius. Tiga dari delapan kemenangan itu diraih dengan mudah dengan total mencetak sembilan gol dan kebobolan satu gol.

Menghadapi Ekuador, Argentina kembali layak superior. Dalam 40 catatan pertemuan, Tim Tango memenangi 24 laga dan seri 11 kali.

La Tri, julukan Ekuador, memang punya peluang kecil untuk menang melawan Argentina. Namun, mereka tidak bisa begitu saja dipandang sbeelah mata.

Ekuador sudah dua kali beruntun melaju ke perempat final Copa America. Secara keseluruhan, mereka berhasil empat kali ke delapan besar sepanjang keikutsertaan di Copa America sebelumnya.

Anak asuh Felix Sanchez memiliki motivasi besar saat menghadapi Argentina. Mereka ingin melaju ke semifinal pertama kali sejak terakhir kali melakukan di Copa America 1993.

Ekuador hanya perlu mencoreng magis Argentina. Sejauh ini, Argentina belum pernah tertinggal lebih dulu sejak semifinal Copa America 2019.

Tim Tango juga punya catatan buruk di babak pertama. Dalam tiga laga fase grup saja, semua gol mereka dicetak pada paruh kedua.

Artinya, mencetak gol lebih dulu pada babak pertama punya kans menghancurkan kebiasaan Argentina.

Lima Pertemuan Terakhir Argentina vs Ekuador

08 Oktober 2020 Argentina 1-0 Ekuador (Piala Dunia)

03 Juli 2021 Argentina 3-0 Ekuador (Copa America)

29 Marert 2022 Ekuador 1-1 Argentina (Piala Dunia)

07 September 2023 Argentina 1-0 Ekuador (Piala Dunia)

09 Juni 2024 Argentina 1-0 Ekuador (Persahabatan)

Head-to-Head Argentina vs Ekuador

Jumlah Laga: 40

Argentina: 24

Seri: 11

Ekuador: 5