Bagikan:

JAKARTA - Timnas Argentina mengagendakan dua uji coba terakhir sebelum tampil pada Copa America 2024 yang dihelat di Amerika Serikat.

Dua partai uji tanding tersebut ialah melawan Ekuador dan Guatemala. Kedua pertandingan itu dihelat di Amerika Serikat.

Tim Tango sudah tiba di Amerika Serikat untuk menggelar pemusatan latihan pemungkas pada 9 Juni 2024 waktu setempat.

Mereka kemudian menghadapi Ekuador pada 10 Juni 2024 di Venue Soldier Field, Chicago, Illinois. Pada laga itu, Argentina menang dengan skor tipis 1-0 melalui gol tunggal Angel Di Maria (40').

Masih ada satu uji coba tersisa melawan Guatemala pada 15 Juni 2024 di Venue FedEx Filed, Landover, Maryland.

Pelatih Lionel Scaloni tak memasang target apa pun di dua uji coba tersebut. Dia tak mau mengambil risiko menjelang keikutsertaan di Copa America 2024.

Karena itu, sang pelatih ingin pemainnya berhati-hati untuk meminimalkan potensi cedera. Scaloni ingin semua pemainnya fit saat memulai perjalanan

di Copa America 2024.

"Kami akan mencari risiko minimum dalam pertandingan persahabatan agar Copa America kami dapat dimulai dengan baik pada 20 Juni 2024."

"Pada akhirnya itulah yang terpenting. Pertandingan persahabatan terkadang berjalan kurang baik, dalam hal ini kami kurang beruntung dengan para pemain yang cedera."

"Jadi, tujuan saya adalah mereka semua tiba dalam keadaan sehat untuk tanggal 20 Juni 2024," ujar Scaloni di AS.

Terlepas dari itu, Scaloni ingin pasuannya tak meremehkan lawan mana pun di Copa America 2024.

Dia berkaca ke Piala Dunia 2022. Memang, Argentian keluar sebagai juara, tapi kekalahan dari Arab Saudi 1-2 di fase grup tak bisa dimaafkan dan menjadi pelajaran berharga.

Scaloni sudah memetakan bagaimana perjalanan di di Copa America. Rival mereka seperti Uruguay, Brasil, dan tuan rumah Amerika Serikat jelas menjadi peringatan.

Namun, Scaloni tidak ingin mengesampikan Kolombia, Meksiko, dan Ekuador yang punya kans menjadi kuda hitam yang akan mempersulit jalan mereka.

"Yang biasa, Uruguay. Mereka yang mengalahkan kami, mengalahkan kami dengan baik. Kami juga membicarakan Brasil."

"Saya melihat Kolombia bagus, Ekuador juga, Meksiko adalah tim yang sulit, dan Amerika Serikat di kandang sendiri. Saya sebutkan banyak."

"Kalau kami percaya diri, contohnya terjadi saat melawan Arab Saudi. Itu contoh yang baik agar semua orang bisa mengerti, tidak ada saingan yang kecil."

"Dalam kondisi yang kami hadapi saat ini, kami tidak bisa berpikir bahwa kami bisa mengalahkan siapa pun," tutur Scaloni.

Argentina pantas waspada. Banyak tim di Copa America 2024 ingin menjegal Tim Tango untuk mempertahankan gelar juara.

"Pada akhirnya, ketika Anda ingin mempertahankan gelar, semua orang ingin mengalahkan Anda. Dengan keberuntungan, kami bisa menerima tekanan itu."

"Kami sudah terbiasa. Itu bagus dan masih banyak yang tersisa untuk itu, kami ingin memenanginya," ujar Scaloni lagi.

Argentina akan memulai perjalanan di Copa America 2024 melawan Kanada pada 20 Juni 2024. Mereka kemudian berjumpa Cile (25 Juni 2024) dan Peru (29 Juni 2024) di Grup A.