Bagikan:

JAKARTA – Pertandingan perdana Copa America 2024 mempertemukan tim juara bertahan Argentina vs Kanada.

Bentrok antara kedua tim Grup A ini akan berlangsung di Stadion Mercedes-Benz, Atlanta, Georgia, Amerika Serikat, pada Jumat, 21 Juni 2024, pukul 07.00 WIB.

Duel pembuka turnamen ini merupakan pertemuan pertama antara kedua tim sejak Argentina yang dilatih oleh legenda Diego Maradona meraih kemenangan 5-0 di laga persahabatan pada Mei 2010.

La Albiceleste memegang mahkota Copa America setelah mereka mengalahkan musuh bebuyutan, Brasil, di final 2021. Itu trofi Copa America pertama sejak 1993.

Copa America 2021 juga merupakan trofi internasional pertama yang sukses dimenangi oleh Lionel Messi dalam kariernya yang begitu gemerlap.

La Albiceleste kemudian melanjutkan kesuksesan itu di Piala Dunia 2022. Mereka mencapai final turnamen dan mengalahkan Perancis melalui adu penalti untuk merebut trofi Piala Dunia pertama sejak 1986.

Penampilan gemilang ini sepertinya akan berlanjut di Copa America 2024. Pasalnya, mereka sedang dalam tren bagus, yaitu menang 13 kali dan hanya kalah satu kali dari 14 laga sejak dari Piala Dunia 2022 di Qatar.

Dalam dua pertandingan uji coba terbaru, mereka juga selalu keluar sebagai pemenang. Didahului mengalahkan Ekuador 1-0 sebelum melanjutkan menang 4-1 atas Guatemala.

Tentunya raihan itu menambah catatan kemenangan mereka menjadi lima laga beruntun. Hasil ini mereka peroleh sejak menderita kekalahan mengejutkan 0-2 melawan Uruguay pada Oktober 2023.

Di atas kertas, Argentina masuk dalam satu favorit lolos dari grup menuju babak gugur. Mereka diunggulkan memuncaki klasemen akhir mengungguli Kanada, Chile, dan Peru.

Pemilik trofi Copa America sebanyak 15 kali ini sangat potensial meraih tiga angka di laga pertama mereka. Apalagi lawan mereka adalah tim debutan yang lolos ke putaran final melalui playoff.

Kanada terpaksa menjalani babak playoff setelah gagal lolos sebagai salah satu dari empat tim terbaik CONCACAF Nations League 2023/2024. Mereka kemudian mengalahkan Trinidad dan Tobago di playoff.

Copa America 2024 jelas sebagai peluang besar buat Kanada untuk menguji diri mereka melawan tim kuat. Hal itu akan menambah pengalaman sebelum nanti menjadi salah satu kontestan di Piala Dunia 2026.

Kanada mengikuti Copa America 2024 di bawah pelatih baru Jesse Marsch yang ditunjuk bulan lalu. Pertemuan melawan Argentina jadi kesempatan buat pelatih asal Amerika Seikat itu untuk membuktikan diri setelah kepergiannya dari Leeds United pada Februari 2023.

Marsch memulai masa jabatannya dengan kekalahan telak 0-4 dari Belanda bulan ini. Namun, ia merespons kekalahan mengecewakan itu dengan menahan imbang Perancis tanpa gol.

Perkiraan Formasi

Argentina (4-3-3): Martinez; Molina, Romero, Otamendi, Acuna; Mac Allister, Paredes, De Paul; Messi, Gonzalez, Alvarez

Kanada (4-4-2): Crepeau; Johnston, Bombito, Cornelius, Davies; Buchanan, Eustaquio, Kone, Millar; David, Larin