Bagikan:

JAKARTA - Kapten Timnas Argentina, Lionel Messi, tak ambil bagian bela Tim Tango di Olimpiade Paris 2024. Hal itu diketahui dari pengumuman skuad Albiceleste baru-baru ini.

La Pulga dipastikan absen di Olimpiade Paris 2024 yang berlangsung pada 26 Juli hingga 11 Agustus 2024. Keputusan itu dikuatkan dengan keputusan sang pelatih, Javier Mascherano, yang memanggil 18 pemain tanpa nama Messi di dalam daftar.

Dalam nama-nama pemain yang dirilis Argentina pada Rabu, 3 Juli 2024, Javier Mascherano memilih menyertakan bek Nicolas Otamendi dan kiper Geronimo Rulli untuk mengisi bagian pemain senior.

Masuknya dua nama itu, Lionel Messi dan Angel Di Maria yang sebelumnya digadang-gadang bakal ikut Olimpiade Paris 2024 jelas tak punya tempat. Dalam daftar empat pemain cadangan pun, nihil ditemukan nama Messi.

Dikutip ESPN, sebelumnya pada Juni 2024, Messi memang telah memutuskan untuk menolak masuk ke skuad Argentina untuk Olimpiade Paris 2024.

Hal tersebut diungkapkan La Pulga dengan pertimbangan bahwa akan sulit meminta izin absen dari klubnya, Inter Miami. Apalagi sang pemain juga telah meminta jatah absen untuk tampil di Copa America 2024.

"Saya berbicara dengan (Javier) Mascherano dan sebenarnya kami berdua memahami situasinya. Sulit (untuk memikirkan Olimpiade saat ini) karena kami tampil di Copa America 2024."

"Saya bisa tidak bersama klub selama menjadi dua atau tiga bulan berturut-turut. Lebih dari segalanya, saya tidak berada pada usia untuk ikut serta dalam segala hal," ujar Messi dikutip dari ESPN.

"Saya harus memilih dengan hati-hati. Bermain di dua turnamen berturut-turut akan terasa berat. Saya sangat beruntung bisa bermain di Olimpiade, memenanginya bersama Mascherano."

"Itu adalah pengalaman luar biasa di level sepak bola. Olimpiade, Argentina U-20, kenangan yang tidak akan pernah saya lupakan," ucap Messi.

Terlepas dari pernyataan yang dilontarkan itu, Lionel Messi pernah membawa Argentina meraih medali emas Olimpiade 2008 yang digelar di China. Ketika itu, Argentina diperkuat Mascherano, Sergio Aguero, Di Maria, hingga Juan Riquelme.