Bagikan:

JAKARTA - Perempat Final Euro 2024 sudah menyajikan duel tim-tim raksasa Eropa, salah satunya Spanyol vs Jerman. Bentrok La Roja kontra tuan rumah akan berlangsung di MHPArena pada Jumat, 5 Juli 2024, pukul 23.00 WIB.

Spanyol berhasil mengamankan tempat di perempat final Euro 2024 dengan mengalahkan Georgia 4-1. Kemenangan Spanyol tak lepas dari kontribusi gol Rodri, Fabian Ruiz, Nico Williams, dan Dani Olmo.

Jerman selaku tuan rumah sukses melaju ke delapan besar setelah menang 2-0 atas Denmark. Kepastian itu diraih Der Panzer melalui gol Kai Havertz dan Jamal Musiala.

Spanyol dan Jerman sudah sering bertemu. Pertemuan terakhir keduanya terjadi di Piala Dunia 2022 Qatar. Mereka berhadapan di fase grup dengan hasil akhir imbang 1-1 pada 27 November 2022.

Menghadapi Jerman di perempat final, Spanyol punya modal apik karena mereka masih dalam tren mentereng. La Roja berlaga di Euro 2024 dengan torehan empat kemenangan tanpa kekalahan maupun seri.

Namun, catatan tersebut juga mesti diwaspadai Spanyol sebab Jerman pun tak kalah kuat. Der Panzer juga mencatatkan tiga kemenangan dan satu hasil seri dari fase grup sampai babak 16 besar.

Kekuatan Jerman juga tak bisa diremehkan karena selaku tuan rumah mereka diprediksi bakal tampil lebih menggila di hadapan pendukung sendiri.

Meski demikian, anak asuh Julian Negelsmann bakal sulit merealisasikan kemenangan lantaran Spanyol merupakan tim yang paling konsisten di Euro 2024. Bukan tak mungkin tim asuhan Luis de la Fuente bisa melewati ujian terbesar mereka dengan mengalahkan Jerman di Stuttgart.

Potensi Spanyol menyingkirkan tuan rumah jelas besar. Dalam catatan 11v11, head-to-head keduanya terbilang berimbang.

La Roja mengemas delapan kemenangan dan sembilan seri. Sementara sembilan laga lain menjadi milik Jerman.

Bila berkaca satu dekade ke belakang pun, tak ada yang superior di antara keduanya. Ada lima pertemuan dalam rentang 10 tahun terakhir.

Hasilnya, Jerman mengemas satu kemenangan, Spanyol satu kemenangan dan tiga laga sisa berakhir seri.

Satu-satunya hal yang bisa dibanggakan Spanyol ialah perolehan gol. La Roja sudah sembilan kali membobol gawang Jerman dalam lima laga tersebut, sedangkan Der Panzer cuma empat kali.

Duel Spanyol vs Jerman boleh dibilang menjadi ajang mencari pengakuan siapa yang lebih superior. Jika Der Panzer menang, mereka tentu menjauhkan keunggulan dalam catatan pertemuan.

Kalau La Roja berhasil menekuk tuan rumah, mereka jelas ingin membuktikan bahwa Jerman tak pantas superior di hadapan Spanyol.

Tak hanya itu, bentrok Spanyol vs Jerman ini sekaligus mencari pengakuan generasi baru mana yang terbaik mengingat kedua tim kini dihuni bintang-bintang anyar.