Bagikan:

JAKARTA - Marc Cucurella menjadi sasaran cemoohan tanpa ampun pada semifinal Euro 2024 ketika Spanyol melawan Perancis di Allianz Arena, Rabu, 10 Juli 2024.

Pemain Chelsea itu bukan diejek oleh suporter lawan melainkan suporter tuan rumah Jerman yang menyaksikan laga itu.

Setiap kali Cucurella menguasai bola, teriakan cemoohan langsung terdengar keras. Suara ejekan itu bahkan menutupi yel-yel dukungan dari suporter Spanyol dan Perancis.

Suporter Jerman yang menjadi fans netral di laga itu masih kesal dengan handball Cucurella yang tak berbuah penalti saat Spanyol mengalahkan Jerman di perempat final.

Wasit Anthony Taylor asal Inggris tak menganggap hal itu sebagai handball ketika bola tendangan Jamal Musiala menyentuh tangan Cucurella di kotak penalti.

Taylor tetap melanjutkan pertandingan dan Jerman tak mendapat hadiah penalti di babak perpanjangan waktu tersebut.

Padahal, saat terjadi insiden tersebut, laga masih imbang 1-1 dan kedua tim butuh satu gol untuk mengamankan kemenangan.

Alih-alih Jerman mendapat keuntungan, mereka malah apes dengan keputusan kontroversial Taylor. Sang pengadil pun tak mendapat arahan peninjauan video assistant referee (VAR) karena Cucurella dinilai tak bersalah.

Tragisnya, setelah kontroversi itu, Spanyol malah bisa mencetak gol pada menit ke-119, satu menit sebelum laga usai, melalui sundulan Mikel Merino. Jerman pun akhirnya tersingkir karena kekalahan 1-2.

Usai pertandingan, legenda Jerman, Michael Ballack, mengkritik keputusan Anthony Taylor.

"Jelas keputusan yang salah. Semua kriteria penalti terpenuhi. Lengannya terentang, sebuah keuntungan yang jelas. Namun, akan ada para ahli yang melihatnya secara berbeda," ujar Ballack kepada Magenta TV.

Manajer Jerman, Julian Nagelsmann, juga marah dengan keputusan wasit.

"Penalti yang kami dapatkan melawan Denmark bukanlah penalti. Saya tidak mengerti kenapa tidak dievaluasi. Padahal, sudah ada 48.000 tayangan ulang," kata Negelsmann.

Lantaran masih kesal dengan laga Spanyol vs Jerman, Cucurella lantas menjadi sasaran ejekan.

Bahkan, ketika pemain baru masuk ke lapangan pun, cemoohan langsung menggema di Allianz Arena.

Fans Jerman terlihat masih menyimpan kemarahan. Selain itu, mereka juga membuat petisi yang meminta pertandingan Spanyol vs Jerman diulang.

Petisi tersebut telah ditandatangani lebih dari 350.000 hanya dalam dua hari.

Sementara itu, Marc Cucurella tetap tampil seperti tak ada tekanan. Dia bermain penuh dan membantu Spanyol menang atas Perancis 2-1 sekaligus mengamankan tiket final Euro 2024.