Bagikan:

JAKARTA – Dua atlet renang Indonesia, Joe Aditya Kurniawan dan Azzahra Permatahani, resmi mendapat tiket tampil di Olimpiade 2024 Paris pada pertengahan tahun ini.

Pengurus Besar Akuatik Indonesia (PB AI) dalam keterangan resmi pada Rabu, 3 Juli 2024, mengonfirmasi kedua atlet tersebut mendapat kesempatan tampil di multievent empat tahunan itu melalui jalur Universality Places.

"Kepastian ini diperoleh PB AI setelah menerima surat resmi dari Federasi Akuatik Dunia atau World Aquatic. Dua nama yang lolos berdasarkan poin World Aquatic tertinggi hingga 23 Juni 2024," demikian bunyi keterangan PB AI yang diterima.

Universality Places merupakan sistem kualifikasi yang mengizinkan anggotanya yang gagal meloloskan atlet dari salah satu cabang olahraga untuk mengajukan satu atlet putra dan putri dengan peringkat tertinggi untuk bisa bertanding di Olimpiade.

Joe Aditya dari nomor 100 meter gaya kupu-kupu putra pada saat ini memiliki catatan waktu 53,17 detik. Sementara itu, Azzahra Permatahani di nomor 200 meter gaya ganti putri memiliki catatan waktu 02 menit 18,47 detik.

Tambahan dua atlet ini membuat Indonesia total sudah meloloskan sebanyak 29 atlet ke Olimpiade Paris 2024 baik melalui kualifikasi maupun Universality Places.

Olimpiade Paris 2024 akan berlangsung pada 26 Juli sampai 11 Agustus 2024. Total ada lebih dari 10 ribu lebih atlet yang akan tampil menjadi kontestan di sana.

Indonesia akan hadir dengan target membawa pulang lebih dari dua medali emas untuk pertama kalinya dalam sejarah keikutsertaan di Olimpiade.

Dalam catatan sejarah Olimpiade, prestasi terbaik Indonesia dengan dua medali emas ialah di Olimpiade Barcelona 1992, yang disumbang oleh bulu tangkis tunggal putra dan putri.