Bagikan:

JAKARTA – Ketua Umum Akuatik Indonesia, Anindya Bakrie, secara resmi melepas perenang Azzahra Permatahani dan Joe Aditya berangkat ke Olimpiade Paris 2024.

Acara pelepasan itu berlangsung di Hotel Aryaduta, Semanggi, Jakarta, pada Jumat, 19 Juli 2024, siang WIB. Namun, mereka dan tim baru akan bertolak ke Perancis pada Minggu, 21 Juli 2024, pukul 09.00 WIB.

"Hari ini saya melepas dua atlet renang, Joe dan Azzahra. Semoga bisa memberikan hasil terbaik. Selama 12 bulan terakhir mereka adalah perenang dengan peringkat terbaik yang dipilih World Aquatics," kata Anindya.

Keduanya berangkat didampingi oleh pelatih Albert C. Sutanto dan Arif Purbo Warsono. Mereka nanti bertolak dari Bandara Soekarno-Hatta menggunakan maskapai Qatar Airways.

Pada Olimpiade 2024, Joe Aditya akan turun di nomor 100 meter gaya kupu-kupu putra. Sementara Azzahra tampil di nomor 200 meter gaya ganti putri. Mereka mulai berlomba pada 2 Agustus 2024.

"Saya senang sekali bisa turun di Olimpiade pertama dan berharap bisa memecahkan rekor nasional 52,75 detik. Mohon doa semuanya," kata Joe.

Di lain sisi, Paris adalah Olimpiade kedua buat Azzahra. Sebelumnya, dia berdebut di Olimpiade Tokyo 2020, yang ditunda setahun karena pandemi corona.

"Tidak menyangka bisa masuk Olimpiade lagi dan ini sebuah kebanggaan. Untuk itu, saya akan berusaha berenang dengan waktu tercepat dibawah dua menit 16 detik," ujar Azzahra.

Kedua atlet tersebut mendapat kesempatan tampil di Olimpiade Paris 2024 melalui jalur Universality Places alias unqualified athletes.

Ini adalah sistem kualifikasi yang diterapkan federasi olahraga internasional dengan memberikan kesempatan kepada Komite Olimpiade Nasional (NOC) untuk mengajukan satu atlet putra dan putri peringkat tertinggi untuk berpartisipasi.

Olimpiade Paris 2024 secara resmi akan dibuka pada 26 Juli 2024. Total, Indonesia punya 29 atlet dari 12 cabang olahraga yang berpartisipasi di Paris nanti.