Bagikan:

JAKARTA - Andy Murray memilih berpasangan dengan Emma Raducanu di ganda campuran pada Wimbledon 2024.

Murray memutuskan untuk mundur dari nomor tunggal putra dan digantikan David Goffin (Belgia) pada Wimbledon terakhirnya sebelum pensiun.

Alasannya, dia mengaku bahwa tubuhnya belum siap menghadapi kerasnya pertandingan tunggal lima set. Sebagaimana diketahui, Murray baru saja menjalani operasi punggung setelah cedera di Queen's Championship 2024 dua minggu lalu.

Makanya, dia memilih bermain ganda. Selain berpasangan dengan Raducanu, Murray juga akan bermain di ganda putra bersama saudaranya, Jamie Murray.

Dia tidak bisa menolak kesempatan bermain ganda. Hal itu mengingatkan kenangan kemitraan terkenal antara Murray berpasangan dengan Serena Williams pada 2019 ketika mereka mencapai putaran ketiga.

Murray pun tak mempermasalahkan pengalaman Raducanu yang cuma pernah sekali bermain sebagai ganda, yaitu di Citi Open 2022.

Sementara bagi Raducanu, berpasangan dengan Murray juga tak pantas ditolak. Petenis veteran itu punya banyak pengalaman di nomor ganda.

Apalagi, Murray merupakan petenis kenamaan dunia yang pernah berperingkat satu dunia pada 7 November 2016 sebagai pemain tunggal. Total, Murray juga sudah mengemas tiga gelar Grand Slam.

"Menurut saya, hal paling menonjol bagi saya adalah ketika dia (Murray) menang di final Wimbledon, kemudian kembali sebulan kemudian dan memenangi Olimpiade (2016)."

"Saya pikir sangat sulit untuk melewati enam babak, lalu ke final (Wimbledon), lalu bermain sebulan kemudian dan kembali ke final (Olimpiade). Pikiran Anda, tanpa Anda sadari, berjalan seperti deja vu," ujar Raducanu.

Andy Murray dan Emma Raducanu berpasangan di nomor ganda campuran Wimbledon 2024 (dok. Rex).

Raducanu lebih lanjut mengungkapkan bahwa dia beruntung berpasangan dengan Murray. Banyak hal baik yang bisa ia contoh dari petenis senior 37 tahun itu, terutama soal mempersiapkan diri menjelang turnamen.

"Saya pikir nasihat terbesarnya adalah bagaimana dia selalu mengurus pekerjaannya, bagaimana dia mengelola orang-orangnya."

"Saya belum terlalu banyak berbicara dengannya. Bagi saya, itu seperti menyaksikan dia bekerja hari demi hari, menyaksikan dia benar-benar siap dalam segala hal. Bahkan, dalam latihan sekarang, dia sangat sibuk sampai saat ini."

"Saya masih lebih muda, muncul 15 menit sebelum latihan untuk melakukan beberapa gerakan menekuk lengan, mengayunkan tangan saya, dan melakukan pemanasan."

"Namun, dia berada di sana (lapangan latihan) selama satu setengah jam untuk melakukan tersebut. Dia melakukan set dengan sangat baik," tutur Raducanu lagi.

Perjalanan terjauh Murray di Grand Slam sebagai ganda campuran ialah putaran ketiga yang terjadi di Wimbledon 2019.

Petenis Britania Raya itu kemudian meraih medali perak di Olimpiade 2012 saat berpasangan dengan Laura Robson.

Sementara itu, Raducanu sudah kembali mengejar titelnya setelah sepanjang 2022 absen untuk pemulihan cedera.

Dia sudah tampil di dua Grand Slam selepas pulih, yaitu Australia Open edisi 2023 dan 2024. Namun, perjalanannya hanya sampai putaran kedua.

Saat ini, petenis 21 tahun tersebut juga tampil di nomor tunggal putri Wimbledon 2024. Raducanu sudah melewati putaran pertama dan kedua.

Pada putaran ketiga, Raducanu akan berjumpa Maria Sakkari (Yunani) yang dia kalahkan dalam perjalanan menjuarai AS Terbuka pada 2021.