Bagikan:

JAKARTA – Partai perempat final Euro 2024 mempertemukan Inggris vs Swiss. Duel ini akan tersaji di Merkur Spiel Arena, Dusseldorf, Jerman, pada Sabtu, 7 Juli 2024, pukul 23.00 WIB.

Sejauh ini The Three Lions tampil belum meyakinkan. Inggris yang diasuh oleh Gareth Southgate mencapai perempat final setelah berhasil selamat dari tepi jurang saat menghadapi Slovakia di babak 16 besar.

Pada pertandingan itu, Slovakia unggul lebih dulu melalui gol Ivan Schranz pada menit ke-25. Inggris pun nyaris pulang lebih dini seandainya Jude Bellingham tidak mencetak gol salto di injury time babak kedua.

The Three Lions kemudian mengamankan tiket ke delapan besar berkat gol kemenangan dari Harry Kane. Gol itu terjadi hanya 52 detik sejak babak tambahan kedua dimulai.

Meski demikian, tidak satu pun penampilan Inggris di Euro 2024 yang membuat mereka masih diunggulkan untuk keluar sebagai juara turnamen ini atau setidaknya mencapai final seperti edisi sebelumnya pada 2020.

Selain itu, mereka juga tercatat belum memenangi satu laga pun dalam 90 menit waktu normal sejak mengalahkan Serbia pada laga pertama babak grup. Jadi, agak sulit untuk melihat mereka bisa menekuk Swiss.

Terlepas dari itu, Inggris didukung fakta kerberhasilan Southgate membawa mereka ke empat perempat final turnamen besar secara beruntun.

Perinciannya, dua Piala Dunia (2018 dan 2022) dan dua Euro (2020 dan 2024) sejak Southgate menukangi tim pada 2016.

Rangkaian kesuksesan Southgate merupakan yang terbanyak jika dibandingkan dengan seluruh pelatih Inggris lainnya sejak 1966 dengan tujuh kemenangan pada babak gugur di Piala Dunia dan Euro.

Sementara itu, Swiss mencapai perempat final usai memaksa juara bertahan Italia mengemas koper lebih dini. Dua gol tanpa balas atas juara bertahan menunjukkan tim ini memiliki kesempatan besar menumbangkan Inggris.

Selama berada di Jerman, pasukan Swiss tampil dengan kemenangan meyakinkan atas Hungaria dan membawa pulang hasil imbang yang mengagumkan ketika melawan tuan rumah Jerman di fase grup.

Di bawah kendali pelatih Murat Yakin, tim berjuluk Rossocrociati ini telah mengambil peran sebagai kuda hitam. Kini, sepertinya mereka sangat siap menghadapi perempat final kedua secara berturut-turut.

Meski mereka belum pernah melewati tahap ini di turnamen besar mana pun, penampilan Inggris yang belum meyakinkan bisa memberi mereka optimisme yang tinggi. Peluang untuk menorehkan sejarah pun terbuka buat mereka.

Rossocrociati telah mencatatkan delapan laga tak terkalahkan di semua turnamen dan hanya kalah satu kali dari 18 pertandingan sejak Piala Dunia 2022. Satu-satunya kekalahan itu terjadi ketika melawan Rumania di Kualifikasi Euro 2024.

Masalahnya, Swiss dibayangi catatan buruk saat berjumpa Inggris. Mereka belum pernah menang atas Inggris sejak Kualifikasi Piala Dunia 1981. Sebaliknya, The Three Lions justru memenangi lima pertandingan terakhir melawan the Rossocrociati.

Secara keseluruhan, Inggris memenangi 19 pertemuan dan lima laga berakhir seri. Sementara Swiss cuma bisa menang tiga kali.

Inggris termotivasi meneruskan dominasinya atas Swiss. Di sisi lain, Rossocrociati ingin mencetak sejarah di Euro.

Walaupun Swiss berstatus kuda hitam dan Inggris punya tim bertabur bintang, bentrok ini punya kans imbang hingga 90 menit waktu normal.

Prakiraan Formasi

Inggris (3-5-2): Pickford; Walker, Konsa, Stones; Trippier, Bellingham, Rice, Foden, Saka; Kane, Toney

Swiss (3-4-2-1): Sommer; Schar, Rodriguez, Akanji; Widmer, Xhaka, Freuler, Aebischer; Ndoye, Vargas; Embolo