Bagikan:

JAKARTA - Laga terakhir Grup B Copa America 2024 menuai hasil mengejutkan. Meksiko vs Ekuador berakhir seri tanpa gol State Farm Stadium, Glendale, Arizona pada Senin, 1 Juli pagi WIB. 

Hasil itu menguntungkan buat Ekuador karena mereka mengamankan pos runner-up Grup B sekaligus lolos ke perempat final. Di sisi lain, apes bagi Meksiko. Tim unggulan Copa America 2024 itu tersingkir dan gagal ke fase gugur.

Pertemuan Meksiko vs Ekuador merupakan penentu kedua tim yang sama-sama masih berpeluang lolos ke perempat final.

Untuk bisa lolos ke perempat final, Ekuador butuh minimal hasil seri. Sementara itu, Meksiko wajib menang untuk melangkah ke babak gugur.

Pada babak pertama, permainan berlangsung begitu alot. Meski kedua tim saling serang, tak ada gol tercipta. Selepas jeda, Meksiko yang butuh kemenangan tampil lebih agresif.

Meksiko mendapat peluang lewat Santiago Gimenez, tapi sundulannya tak mengarah ke gawang. Tak lama kemudian, tendangan Julian Quinones dari luar kotak penalti memaksa kiper Ekuador Alexander Dominguez melakukan penyelamatan.

Pada pengujung injury time babak kedua, drama terjadi. Wasit sempat memberi penalti untuk Meksiko setelah Guillermo Martinez dinilai melakukan pelanggaran kepada Felix Torres.

Namun, keputusan wasit itu kemudian dibatalkan. Setelah mengecek insiden tersebut lewat VAR, wasit menyatakan tidak ada hadiah penalti bagi Meksiko.

Skor 0-0 akhirnya menutup laga Meksiko vs Ekuador. Ekuador berhak lolos ke perempat final Copa America 2024 dengan empat poin dari tiga laga.

Meksiko sejatinya punya koleksi poin serupa, tapi mereka kalah dalam selisih gol. Alhasil, Ekuador mendampingi Venezuela yang lolos ke perempat final sebagai juara Grup B.