Bagikan:

JAKARTA – Ekuador menjaga harapan mereka untuk lolos ke babak perempat final Copa America 2024 usai mengalahkan Jamaika dalam laga kedua grup.

Tiga poin dibawa pulang oleh pasukan asuhan Felix Sanchez itu usai menang dengan skor 3-1 atas Reggae Boyz di Allegiant Stadium, Las Vegas, Amerika Serikat, Kamis, 27 Juni 2024, pagi WIB.

Ekuador unggul terlebih dahulu pada menit ke-13 melalui gol bunuh diri Jamaika. Gol itu bermula dari umpan silang Piero Hincapie dari sisi kiri, tapi mengenai tulang kering Kasey Palmer dan bola berbelok masuk ke gawang sendiri.

Tim besutan Felix kemudian menggandakan keunggulan melalui tendangan penalti Kendry Paez tepat sebelum jeda. Penalti tersebut diberikan oleh wasit setelah handball Gregory Leigh.

Jamaika lalu memperkecil ketertinggalan tak lama setelah turun minum. Mereka mencetak gol pertama mereka di Copa America dalam penampilan kedelapan mereka di turnamen tersebut.

Bermula dari tendangan sudut Ethan Pinnock yang awalnya bisa diblok pertahanan Ekuador. Namun, bola muntah jatuh ke kaki Michail Antonio yang dengan tenang melesakkan bola ke gawang.

Ekuador lalu menambah skor lagi melalui Alan Minda. Sang pemain mengakhiri pesta gol buat Ekuador pada menit ke-91 melalui skema serangan balik klasik.

Kemenangan ini memberikan Ekuador poin pertama di Copa America 202 setelah pada laga pertama penyisihan Grup B mereka menelan kekalahan melawan Venezuela.

Di lain sisi, ini adalah kekalahan kedua Jamaika sehingga kans mereka ke babak gugur mengecil. Sebelumnya, di pertandingan perdana, mereka sudah terlebih dahulu ditekuk oleh Meksiko.

Jamaikan otomatis akan tersingkir jika Meksiko dan Venezuela bermain imbang atau Venezuela mengalahkan Meksiko. Jika demikian, kemenangan di laga terakhir pada 30 Juni 2024 akan sia-sia.