Bagikan:

JAKARTA - Babak perempat final Copa America 2024 akan mempertemukan Venezuela vs Kanada. Pertandingan tersebut akan berlangsung di Stadion AT&T pada Sabtu, 6 Juli 2024, pukul 08.00 WIB.

Dari kubu Venezuela, mereka membawa bekal mumpuni untuk meraih kemenangan. La Vinotinto berstatus jadi tim yang tak terkalahkan selama menjalani fase grup Copa America 2024.

Venezuela berhasil comeback 2-1 atas Ekuador sebelum mengalahkan Meksiko 1-0 di pertandingan kedua grup. La Vinotinto melanjutkan tren apik di fase grup dengan kemenangan 3-0 atas Jamaika di laga terakhirnya.

Kemenangan melalui gol Eduard Bello, Salomon Rondon, dan Eric Ramirez itu membuat petualangan Venezuela bisa terus berlanjut hingga kini menjajaki perempat final.

Kesempatan ini menjadi momen comeback bagi Venezuela yang pada dua dari tiga edisi terakhirnya selalu terlempar dari pertarungan perempat final. Peluang ini pun bakal dimanfaatkan dengan maksimal demi bisa mengamankan tempat ke final.

Dengan catatan apik belum terkalahkan itu, Venezuela menjadi salah satu tim yang menonjol di Copa America 2024. Tim asuhan Leandro Cufre juga punya catatan sebagai tim yang tidak terkalahkan dalam lima pertandingan terakhirnya melawan tim Concacaf.

Catatan tersebut membuat Venezuela menjadi tim yang diunggulkan di atas kertas ketika menghadapi Kanada di perempat final nanti.

Sementara itu, Kanada yang akan menghadapi Venezuela dengan status runner-up Grup A punya catatan yang terbilang inkonsisten. Tim asuhan Jesse Marsch itu melangkah dengan modal empat poin dari tiga pertandingan grup.

Pada pertandingan pembuka kontra Argentina, Kanada kalah 0-2. Kemudian mereka bangkit dengan menang 1-0 melawan Peru di laga kedua. Pada laga terakhir, mereka justru main imbang tanpa gol melawan Chile.

Meski penampilan mereka angin-anginan, Kanada berhasil mengamankan tempat di perempat final. Momen ini jelas mesti jadi pembuktian bahwa The Canucks pantas untuk jadi tim yang diperhitungkan.

Pertandingan babak perempat final Copa America 2024 akan menandai pertemuan ketiga antara Venezuela v Kanada. Duel terakhir mereka berakhir imbang.

Kanada punya catatan kurang impresif. Mereka cuma mencetak satu gol sepanjang babak grup. Hal itu terjadi karena The Canucks dianggap kerap kesulitan memanfaatkan peluang di depan gawang.

Pada partai perempat final, situasi tersebut mesti bisa dievaluasi Kanada untuk menunjukkan dominasi atas Venezuela. Apalagi anak asuh Jesse Marsch juga punya status lebih unggul sebagai tim dengan peringkat 48 FIFA, ketimbang Venezuela di posisi 54.

Meski demikian, peringkat tidak bisa semata dijadikan rujukan. Venezuela tetap menjadi unggulan mengingat performa mereka lebih baik ketimbang Kanada.

La Vinotinto punya kans besar melanjutkan tren positif mereka di Copa America 2024.